Sabtu , 27 Mei 2017
Home » Berita Foto » UAS Hari Pertama SMKN 1 Karawang Sukses

UAS Hari Pertama SMKN 1 Karawang Sukses

W
     Wakil Kepala Sekolah kesiswaan SMKN 1                          Karawang Drs.Asep Kundrat,                  dan Drs.Deden Hamdani,MM

KARAWANG,Sidaknews.com – Sebanyak 781 siswa-siswi SMKN 1 Karawang Jawa Barat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) hari pertama Senin (17/3) kemarin. UAS sendiri akan digelar selama satu minggu kedepan, yang juga digelar oleh sekolah tingkat SMA sederajat.

Kepala SMKN 1 Karawang Drs.Agus Rukmawan Sip, MM didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMKN 1 Karawang Drs.Asep Kundrat mengatakan, UAS ini wajib diikuti oleh seluruh siswa di sekolah tersebut sebagai ujian akhir diluar mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan (UN).

“Dalam satu hari, siswa mengikuti ujian sebanyak dua mata pelajaran dan digelar selama satu minggu,” ujar Asep kepada sidaknews.com usai mengawas ujian di ruang BK SMKN 1 Karawang.

Adapun UAS hari pertama ini, mata pelajaran yang diujikan yaitu Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Asep menegaskan seluruh siswa peserta UAS di SMKN 1 Karawang saat ini sangat siap mengikuti ujian. Hal itu ia lihat dari keseriusan dan kehadiran siswanya dalam mengikuti ujian hari pertama kemarin.

“Nilai UAS ini nantinya akan disatukan dengan nilai UN, sehingga nilai siswa pada ujian akhir sekolah akan mempengaruhi kelulusan siswa pada UN,” katanya.

Asep melanjutkan, jika dulu kelulusan siswa hanya diukur dari hasil UN saja, namun tahun ini Ujian Akhir Sekolah juga akan menentukan kelulusan siswa. Sehingga menurut dia, nilai minimal yang harus diperoleh siswa kelas XII untuk bisa lulus minimal 5,5 merupakan nilai gabungan dari Ujian Akhir Sekolah (UAS), Raport, dan Ujian Nasional (UN).

Sementara itu Staff Kesiswaan Bagian Kedisiplinan SMKN 1 Karawang Drs.Deden Hamdani, MM menjelaskan, jika pada Ujian Akhir Sekolah (UAS) tahun ini sama sekali tidak mengalami kendala apapun. Ia menyebutkan, sebanyak 40 ruangan di SMKN 1 Karawang digunakan untuk menggelar Ujian Akhir Sekolah (UAS).

“Untuk UAS ini kita menggunakan sebanyak 80 pengawas, semuanya dari guru SMKN 1 Karawang, terdiri dari PNS dan GTT, tapi diutamakan yang PNS dulu,” tandasnya.

Untuk mensukseskan UAS dan UN tahun ini menurut Deden, pihak sekolah terus memberikan motivasi kepada seluruh siswa calon peserta UN. Motivasi yang diberikan itu berupa pembinaan mental kepada siswa, agar siswa tidak terlalu takut berlebihan dalam menghadapi UN. Ia hawatir jika siswa peserta UN mentalnya lemah bisa terjadi drop dan mengakibatkan sakit atau hal lain yang bisa mengganggu siswa tersebut pada UN nanti.

“Kita terus melakukan pembinaan mental, ayau mengarahkan siswa selain belajar juga pentingnya untuk berdoa. Jangan sampai mereka stress duluan sebelum menghadapi ujian,” pungkasnya.(ega nugraha)

Check Also

Tarawih Perdana, Nasaruddin Sampaikan Ceramah di Mesjid Ruhama Takengon

Takengon, sidaknews.com – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menyampaikan ceramah pada Tarawih perdana di Mesjid Agung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *