Home » Daerah » Jabar » Bandung » Unpad Gelar Diskusi Mencari Akar Konflik Polri vs KPK

Unpad Gelar Diskusi Mencari Akar Konflik Polri vs KPK

Unpad Gelar Diskusi Mencari Akar Konflik Polri vs KPK.
.

Bandung – Konflik antara institusi Kepolisian Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah beberapa kali terjadi dan setiap konflik itu terjadi memberi dampak yang cukup luas dalam perpolitikan Indonesia.

Masing-masing pihak dan pendukungnya memegang dasar argumentasi yang mengacu pada kewenangan institusi yang dijamin oleh hukum.

Baik Polri maupun KPK merupakan institusi yang memiliki wewenang melakukan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, untuk KPK yang khusus bertugas di area tindak pidana korupsi ditambah dengan wewenang penuntutan.

Selain Polri dan KPK, ada pula Kejaksaan yang memiliki wewenang penyidikan dan penuntutan tindak pidana. Selintas, ada potensi konflik kewenangan antara ketiga institusi tersebut.

Yang terjadi terakhir, buntut dari penetapan status “tersangka” bagi Calon Tunggal Kapolri oleh KPK, bukan hanya beraroma benturan kewenangan antara Polri dan KPK, tetapi juga penggunaan kewenangan untuk kepentingan masing-masing institusi.

KPK dituding menggunakan wewenangnya untuk menjegal Calon Tunggal Kapolri, dan Polri dituding menggunakan wewenangnya untuk melemahkan pimpinan KPK. Kedua pihak ini membawa dasar hukumnya masing-masing. Masyarakat pun melihat ada pelanggaran etika yang dilakukan baik oleh pihak KPK maupun Polri.

Kepala UPT Humas Unpad, Soni Akhmad Nulhaqim mengatakan, terkait permasalahan tersebut, Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar kegiatan Unpad Merespons bertema “Mencari Akar Konflik Polri versus KPK dan Solusinya”.

“Pembicara yang akan menjadi narasumber diantaranya Prof.Dr.Bagir Manan,SH., MCL.(Guru Besar Emeritus Hukum Pidana Unpad), Prof.Dr.Budiman Rusli,MS.(Guru Besar Administrasi Negara FISIP Unpad),” ucap Soni, di Executive Lounge, Lantai 2 Gedung Rektorat Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung.
(Sumber:seputar jabar.com)

 

Check Also

Pelabuhan penyengat tampak seperti pelangi, hal ini terlihat di sepanjang Atap Pelabuhan dibentang kain 3 warna yakni, kain warna Merah, Kuning dan Hijau.

Kedatangan Kapolri, Pelabuhan Penyengat Dihiasi Dengan Warna-Warni

Tanjungpinang, sidaknews.com– Dalam rangka penyambutan kedatangan Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian Kepulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>