Home » Daerah » Aceh » UPTD Balai Diklat Pertanian Tanam Pohon Di DAS Saree

UPTD Balai Diklat Pertanian Tanam Pohon Di DAS Saree

Keterangan foto : Ahdar, Tarmizi Ahmad, Saiful Anam, Staf BDP Saree dan Polhut di lokasi Gotong Royong (Foto, AHDAR)
Keterangan foto : Ahdar, Tarmizi Ahmad, Saiful Anam, Staf BDP Saree Dan Polhut Di Lokasi Gotong Royong (Foto, AHDAR)

Saree, Aceh Besar, Sidaknews.com – Balai Diklat Pertanian (UPTD BDP) Saree yang melibatkan sejumlah pegawai dinas terkait di lingkup UPTB BDP Saree dan sekitarnya menggelar gotong royong rutin dengan menanam pohon di Aliran Sungai DAS Saree.

Gotong royong rutin yang di laksanakan jumat 23/01/2015 juga melibatkan Kesatuan Pengelolaan Hutan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, Dinas Kehutanan Aceh yang disertai Polhut dengan menanami beberapa jenis pohon di daerah aliran sungai belakang UPTD BDP Saree.

Antara tanaman yang ditanami Polhut adalah sebanyak 50 batang tanaman nangka, al-pukat, manggis dan pohon bambu, jelas Drh. Ahdar, MP dalam rilis yang di kirm kepada penulis.

Dalam rilis tersebut turut di jelaskan, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Pocut Meurah Intan, Saiful Anam sangat apresiatif atas upaya yang digagas oleh kepala UPTD BDP Saree Drh. Ahdar, MP, Upaya pelestarian hutan lindung sekitar Saree harus dilakukan oleh semua elemen baik pemerintah, swasta dan masyarakat sekitar.

Kesatuan Pengelolaan Hutan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Dinas Kehutanan Aceh yang memeiliki salah satu fungsi pembinaan teknis pemberdayaan masyarakat, menjadi hal yang tepat bila kerjasama dengan UPTD BDP Saree untuk melatih keterampilan masyarakat setempat dalam upaya pencegahan penebangan pohon di sekita hutan lindung, ungkap Ahdar kepada penulis.

Masyarakat yang mayoritas petani perlu diarahkan dalam intensifikasi lahan pertanian untuk mencegah pembukaan lahan baru. Selain itu ada upaya dari dinas terkait untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan kehutanan serta memudahkan mereka untuk akses pasar. Oleh karena itu akan mengurangi upaya pembukaan lahan baru yang pada gilirannya hutan lindung terjaga, terang Ahdar. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>