Sabtu , 25 Maret 2017
Home » Daerah » Aceh » UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh Kembangkan Tumbuhan Tanpa Kimia Membahayakan

UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh Kembangkan Tumbuhan Tanpa Kimia Membahayakan

TENGAH - Ir. Iriana Ismida, MP Kepala Kantor UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh , Gambar Bersama Pengurus Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh Dipersekitaran Kantor tersebut (Foto, TARMIZI A. GANI)
TENGAH – Ir. Iriana Ismida, MP Kepala Kantor UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh , Gambar Bersama Pengurus Pemuda Tani Indonesia HKTI Aceh Dipersekitaran Kantor tersebut (Foto, TARMIZI A. GANI)

Banda Aceh, Sidaknews.com – Kantor UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh di kawasan Ulee Kareng Banda Aceh, tanpak di penuhi tanaman pestisida nabati untuk pengendalian organisme penggagu tanaman (OPT) secara berkelanjutan dalam menghasilkan produksi organik (tidak mengandung kimia yang membahayakan-red).

Kunjungan kami pengurus Pemuda Tani Indonesia HKTI DPD Aceh ke UPTD Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Aceh tersebut di sambut kepalanya Ir. Iriana Ismida, MP, kami di bawa melihat-lihat berbagai tanaman yang di tanam di persekitaran halaman depan dan belakang kantor tersebut yang merupakan koleksi percontohan, kami juga di hidangkan kopi “robusta” yang nikmat.

Tanaman-tanaman tersebut antara lain, batang nimbang (bak bhem-aceh), gadong, batang tuba, samiroto, jeringau, jahe, tembakau, lengkuas, kunyit putih, kunir, jarak merah, mengkudu dan lain-lain, sedangkan tanaman perkebunan yang ditanam antaranya kopi, kakao, pala, cengkeh dan lainnya untuk sampel uji pengendalian OPT pada kantor tersebut, ungkap Iriana.

Kantor UPTD Perkembunan Aceh ini juga mengembangkan agensia hayati seperti jamur trichodarma untuk pengendalian penyakit akar, jamur beauveria bassiana untuk pengendalian hama penggerek buah kopi dan hama lainnya, serta beberapa jamur lainnya.

Iriana yang merupakan salah seorang wanita di Aceh yang di percaya memimpin atau menjadi kepala di UPTD Perkebunan Aceh tersebut, merupakan wanita tangguh yang sering naik turun bukit kelapangan, baru – baru ini saja dia sudah berjalan keberbagai daerah termasuk ke Bireuen untuk melakukan sertifikasi calon lahan dan calon petani.

Saat di tanya tentang aktifitas yang mencabar di UPTD perkebenan Aceh, Iriana mengatakan saya akan bekerja sesuai kemampuan dengan harapan bisa meningkatkan produksi tanaman perkebunan untuk mencapai petani sejahtera. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara pada tanggal 24-25 Maret 2017.

Ini Menteri Yang Ikut Rombongan Presiden RI Ke Madina

Mandailing Natal, sidaknews.com – Kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>