Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Wabup Kep.Selayar, Sampaikan Apresiasi Terhadap Temuan Tim Potensi SAR

Wabup Kep.Selayar, Sampaikan Apresiasi Terhadap Temuan Tim Potensi SAR

 keterangan foto: Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan,H.Saiful Arif,SH.

keterangan foto: Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan,H.Saiful Arif,SH.

Kep.Selayar,Sidaknews.com – Apresiasi yang tinggi disertai penghargaan tulus disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, H. Saiful Arif, SH terhadap capaian keberhasilan tenaga tim potensi SAR kabupaten Kepulauan Selayar yang dalam dua hari penyisirannya telah berhasil mengumpulkan ceceran benda yang diduga merupakan serpihan pesawat Air Asia QZ 8501.

Pernyataan ini dilontarkan Saiful Arif dengan mendasari instruksi wakil presiden Republik Indonesia, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang sejak awal telah memerintahkan pengerahan segenap tenaga potensi SAR, baik Basarnas, institusi kepolisian, anggota TNI-AD, bersama personil TNI-AL dan segenap komponen pemerintahan lainnya.

Untuk dapat mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya dalam upaya melakukan pencarian terhadap para korban maupun serpihan pesawat Airbus A320 yang mengalami musibah lost contac, beberapa saat setelah melakukan boarding di Bandar Udara Juanda Surabaya dengan tujuan Singapura, beberapa waktu lalu.

Wapres H.Muhammad Jusuf Kalla bahkan turut meminta bantuan nelayan serta warga masyarakat untuk menyampaikan sekecil-kecilnya informasi yang berkaitan dengan peristiwa hilang dan jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501, tandas Saiful Arif sembari menirukan instruksi Wapres.

Terkait hal tersebut, Wabup H. Saiful Arif, SH menegaskan, informasi dan temuan sekecil apapun yang telah berhasil dikumpulkan oleh tim tenaga potensi SAR di lapangan, patut untuk diperhitungkan dan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang ada.

Berdasarkan pengalaman dan letak geographysnya yang memanjang dari utara ke selatan, Kabupaten Kepulauan Selayar memang kerap menjadi lokasi tempat terdamparnya beberapa puing-puing kapal maupun pesawat yang mengalami musibah di udara dan kemudian terhempas ke laut.

Selain itu, Kabupaten Kepulauan Selayar juga dinyatakan telah beberapa kali menjadi tempat terdamparnya barang, mayat ataupun jenazah korban kecelakaan laut dan udara, tandas Wabup, H. Saiful Arif, SH.

Dalam kaitan itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menyatakan kesiapan untuk melakukan koordinasi dan memberikan bantuan penanganan jika jenazah korban pesawat Air Asia sampai terdampar di perairan laut Kepulauan Selayar.

Bilapun nanti, ada mayat yang terdampar dan diperoleh kepastian bahwa jenazah tersebut adalah korban pesawat Air Asia QZ 8501, maka pemerintah kabupaten akan berupaya maksimal untuk melakukan hubungan kontak kepada tim posko crisis centre, tempat dipusatkannya pencarian korban maupun bangkai pesawat.

Karena berdasarkan prosedur dan standar operasional pemerintah kabupaten bertanggung jawab memberikan informasi dan menunggu komentar atau informasi balik dari posko crisis centre untuk langkah penanganan lanjutan terhadap jenazah korban termasuk mengantisipasi kemungkinan pelimpahan tanggung jawab penyelenggaraan pemakaman jenazah atau sebaliknya menantikan kedatangan pihak keluarga untuk menjemput jenazah yang didasarkan pada hasil identifikasi identitas korban.

Pemerintah kabupaten mengaku siap untuk memberikan sokongan dukungan terhadap langkah kebijakan apapun yang nantinya bakal ditempuh oleh tim posko crisis centre maupun keluarga korban yang jenazahnya terseret arus gelombang laut sampai ke perairan Kepulauan Selayar.

Hal ini didasarkan pada pengalaman Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang beberapa tahun lalu sempat disibukkan dengan aktivitas penanganan jenazah korban musibah tenggelamnya KM. Senopati Nusantara.

Menanggapi persoalan penemuan ceceran benda yang diduga sebagai serpihan pesawat Air Asia QZ 8501, wabup, H. SaifulArif, SH menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar akan bertanggungjawab menginformasikan temuan ini sebagai bentuk tindaklanjut atas informasi dan laporan resmi dari Tim potensi SAR yang melakukan penyisiran dengan mendasari instruksi wakil presiden dan posko crisis centre pencarian korban musibah pesawat Air Asia QZ 8501.

Keputusan lanjutan penanganan barang temuan diserahkan sepenuhnya kepada Tim posko crisis centre untuk menentukan kebijakan terkait dengan upaya pengamanan barang temuan yang diduga sebagai serpihan pesawat Air Asia QZ 8501.

Wabup mengaku siap untuk memberikan dukungan bantuan bila sewaktu-waktu tim crisis centre meminta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengemas dan mengirimkan barang dimaksud, ke posko pencarian pesawat Air Asia.

Dia juga mengaku siap menerima dan menfasilitasi jikalau tim crisis centre menghendaki untuk melakukan peninjauan dan menjemput secara langsung barang-barang terdampar yang ditemukan di perairan laut Kabupaten Kepulauan Selayar.

Secara prosedural, wabup mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk bersurat secara resmi dan melaporkan kejadian penemuan barang terdampar di perairan Kepulauan Selayar dan oleh karenanya, dia meminta tim potensi SAR kabupaten agar segera mengidentifikasi lokasi, waktu dan jenis barang temuan yang telah dievakuasi dari hasil penyisiran lapangan, tandas, Saiful Arif mengunci keterangan persnya dihadapan wartawan, belum lama ini. (fadly syarif)

Check Also

Program USAID Prioritas Sumut Berakhir

Tebingtinggi, sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan terima kasih kepada USAID Prioritas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *