Rabu , 24 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Wakil Bupati Bireuen Buka Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah

Wakil Bupati Bireuen Buka Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah

Wakil Bupati Bireuen Ir. H. Mukhtar, M.Si  Buka Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah (ft-Tarmizi A. Gani)
Wakil Bupati Bireuen Ir. H. Mukhtar, M.Si Buka Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah (ft-Tarmizi A. Gani)

BIREUEN,ACEH,Sidaknews.com – Musyawarah turun ke sawah merupakan rutinitas setiap tahun dua kali, demikian disampaikan Ir. Alie Basyah, M.Si Kadis Tannak Kabupaten Bireuen dalam laporannya, 01 oktober 2014, di ruang pertemuan Aula lama sekdakab Bireuen.

Alie Basyah mengatakan jumlah peserta yang hadir mencapai 150 orang, yang terdiri dari unsur badan penyuluhan ketahananan pangan, pertanian, dinas pengairan, unsur DPRK, camat, unsur petani, mantri tani, kepala BP3K, kelompok tani dan unsur TNI/POLRI dalam kabupaten Bireuen.

Sementara, Wakil Bupati Bireuen Mukhtar Abda dalam pidato pembukaannya menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan musyawarah jadwal tanam Mt Rendengan (padee watee-red).

Dalam kesempatan yang sama Wabup menyampaikan ada empat (4) target khusus yang ingin di capai pemerintah Indonesia dalam bidang pertanian, pencapaian swasembada, peningkatan pangan, daya saing dan eksport, peningkatan hasil produksi pertanian.

Lebih Khusus, Mukhtar Abda menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten Bireuen akan memfokos dan sector pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan, untuk mencapai swasembada pangan sekaligus memperluas lahan untuk menampung tenaga kerja.

Wakil Bupati Bireuen Ir. H. Mukhtar, M.Si, bersama kadistannak Ir. Alie Basyah, M.Si dan kadis pengairan Ismunandar ST. MT saat hadir di Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah (ft-Tarmizi A. Gani)
Wakil Bupati Bireuen Ir. H. Mukhtar, M.Si, bersama kadistannak Ir. Alie Basyah, M.Si dan kadis pengairan Ismunandar ST. MT saat hadir di Musayawarah Penetapan Jadwal Turun Ke Sawah (ft-Tarmizi A. Gani)

Kabupaten Bireuen telah memiliki andil besar dalam bidang pangan, dengan itu maka musyawarah hari ini di harap mampu menjadi andil dalam meningkatkan produksi, dan menjawab tantangan yang di butuhkan oleh masyarakat serta keterpaduan semua pihak, sehingga target kita tercapai.

Selain, Wakil Bupati Bireuen Ir. H. Mukhtar Abda M.Si, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Alie Basyah M.Si, Kadis Pengairan Ismunandar, ST. MT, Kepala Bapeluh Mursyid, SP, Ketua DPRK Bireuen yang di wakili oleh Tgk Basri, dan unsur TNI/POLRI ikut terlihat di ruangan.

Ketua Pemuda Tani Indonesia HKTI DPD Aceh Tarmizi A. Gani yang hadir di pertemuan tersebut mengkritisi sikap Pemerintah Bireuen dalam membangun dan mengembangkan sector ril pertanian, termasuk sector pengairan yang tidak terencana dengan baik.

Sikap diatas, berpotensi tidak akan berjalannya rencana dan target pemerintah yang selalu disampaikan di setiap pertemuan, sebagai contoh kita bisa melihat dengan apa yang terjadi di kecamatan Peudada selama ini, adalah bahagian buram pondasi pertanian di Bireuen, sementara sumber air tersedia di beberapa titik antaranya Aneuk Gajah Rheuek dan Leuboek Geulumpang, begitu juga dengan kondisi irigasi Seuke Puloet yang belum termanfaatkan secara baik.(Hasbi)

Check Also

A.Aziz Dilantik Sebagai Sekda Aceh Utara Difinitif

Lhoksukon, sidaknews.com – Di Aula kantor Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe, Selasa (23/05/2017) sore dipenuhi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *