Home » Kepri » Wakil Bupati Lingga Buka Launching Kewenangan Pajak Bumi dan Bangunan

Wakil Bupati Lingga Buka Launching Kewenangan Pajak Bumi dan Bangunan

LINGGA,Sidaknews.com – Wakil Bupati Lingga Abu Hasim resmi membuka Launching kewenangan dan pengelolahan pajak bumi dan bangunan disektor kota dan pedesaan(PBB-2) di kabupaten Lingga.minggu lalu.

“Target kita kalau memang pendataan objek pajak ini maksimal, satu tahun kira-kira Rp 4 milyar sumbangan ke PAD dari sektor PBB ini,”kata Abu Hasim, Wakil Bupati Lingga pada acara launching.

Turut hadir ketua DPRD Lingga Kamaruddin Ali, Kapolres, Danramil, serta seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Lingga.

Namun diakuinya untuk mencapai target tersebut tidaklah gampang mengingat banyaknya kendala yang di hadapi oleh DP2KA sebagai ujung tombak pengelolaan PBB ini nanti.

“Hal yang paling utama menjadi hambatan adalah belum terdatanya obyek pajak di bidang ini secara akurat.Hal inilah yang membuat penerimaan dari sektor ini belum bisa di masimalkan,”tandasnya.

Kabid Pendapatan di Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Aset Daerah Kabupaten Lingga, Mulkan Azima membenarkan apa yang di sampaikan Wakil Bupati Lingga tersebut.

“Karena belum akuratnya data objek pajak, tahun ini kita cuma menargetkan Rp500 juta dari penerimaan dari sektor ini. Tahun yang sudah-sudah saat masih di kelola oleh pemerintah pusat pendapatan dari PBB-P2 ini berkisar antara Rp300 sampai 400 juta saja,”ucapnya.

Kendalanya banyak dari data obyek pajak yang tidak akurat dan simpang siur.pendataan obyek pajak yang belum maksimal sampai keragauan obyek pajak sendiri untuk membayar PBB ini.

“Untuk memaksimalkan hal ini dari tahun kemarin terus kita sosialisasikan sampai ketingkat Desa.Ujung tombaknya nanti mereka RT dan RW di desa, karena mereka tahu situasi di lapangan,”tambahnya.

Sitem pembayaran PBB-P2 dari masyarakat nanti Pemkab Lingga telah menggandeng Bank Riau kepri sebagai patner kerjanya.
“Untuk wilayah yang jauh dari perkotaan masyarakat bisa bayar di desa.

Sedangkan bagi masyarakat yang tinggal di kota mereka langsung membayarakan ke Bank yang telah di tunjuk.Dalam hal ini pemkab Lingga bekerjasama dengan bank Riau Kepri Dabo dan Daik,”tandasnya.

Ismaharadi sebagai utusan dari KPP Bintan dalam penjelasannya,”Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu Sumber daya manusia di Desa dan diperkotaan, tentang pengelolahan pajak bumi dan bangunan.

Hal ini pada paparannya, cukup dikelola oleh kelurahan dan desa, serta dapat meningkatkan juga menambah sektor pendapatan daerah.tegasnya.(Obet)

Check Also

Danrem 011/LW Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, S.H dan yayasan Budha Tzu Chi meresmikan rumah bantuan kepada warga Cet Petisah kec.senuddun dan Cet Kumbang kec. Baktiah, Aceh Utara, Kamis (10/11)sore kemarin.

Danrem 011/LW Resmikan Rumah Bantuan

Aceh utara, sidaknews.com – Danrem 011/LW Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, S.H dan yayasan Budha …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>