Jumat , 26 Mei 2017
Home » Daerah » Aceh » Walau Berumur Puluhan Tahun Cengkeh di Simeulu Masih Produktif

Walau Berumur Puluhan Tahun Cengkeh di Simeulu Masih Produktif

Dijemur, Bunga Lawang di Simeulue, Sinabang (Foto, Dok, AHDAR)
Dijemur, Bunga Lawang di Simeulue, Sinabang (Foto, Dok, AHDAR)

Simeulue Sinabang, Sidaknews.com – Sepanjang jalan di Simeulue Tengah penuh berjejer sejumlah terpal jemuran cengkeh, sebut Drh. Ahdar, MP (Kepala UPTB BDP Saree kepada penulis melalui E-mail, dalam kunjungannya Kamis 18/12/2014, ke sebuah tempat penjemuran cengkeh milik masyarakat.

Didepan rumah Pak Kamaru Ikhwan, Keuchik (Kepala Desa-red) Wel-Wel ,Simeulue Tengah ada 3 terpal jemuran yang terhampar dan dipenuhi “Bungoeng Lawang” (bunga lawang -red) yang sudah mengering.

Ditemani oleh Suryadi, Penyuluh Pertanian Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Simeulue, kami dijamu oleh Pak Kamaru salah seorang pengurus kelompok tani dan tokoh masyarakat di Gampong (Desa-red) Wel-Wel, setelah melihat-lihat bunga lawang yang sedang di jemur, ungkap Ahdar.

Kamaru mengawali pembicaraan tentang cengkeh, yang sekarang telah mulai membuat Kabupaten simeulue dikenang kembali. Walau sudah berusia puluhan tahun, ternyata cengkeh Simeulue masih berproduksi bahkan lebih banyak bunganya yang keluar.

Petani Simeulue Tengah sekarang sangat disibuki oleh pemanenanc engkeh, hingga menanam padi-pun yang sudah tiba masa penanaman sering diabaikan, kata Mohd.Syahwiruddin, Kabid. Penyuluhan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Simeulue, sebagai mana disampaikan Ahdar.

Hal ini beralasan karena cengkeh yang sudah masanya dipanen bila tidak segera dipetik akan menua, sehingga akan jatuh sendiri, tambah Kudri (Penyuluh wilayah SimeulueTengah). Disamping itu juga dengan alasan harga jual yang menguntungkan, terang Ahdar kepada penulis.

Kamaru, mewakili masyarakat petani cengkeh Simeulue Tengah, memiliki harapan besar kepada Pemerintah Aceh agar supaya dapat menstabilkan harga cegkeh untuk kesejahteraan petani.Cekeh di Simeulue, tulis Ahdar. (Tarmizi A. Gani)

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *