Selasa , 28 Maret 2017
Home » Berita Foto » Walikota Buka Bimtek Petugas Registrasi Kependudukan Tahun 2014

Walikota Buka Bimtek Petugas Registrasi Kependudukan Tahun 2014

Keterangan gambar : TANDA PESERTA “WaliKota Teingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengalungkan tanda peserta pada kegiatan Bimtek Registrasi Kependudukan Tahun 2014 yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil”.
Keterangan gambar :
TANDA PESERTA “WaliKota Teingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengalungkan tanda peserta pada kegiatan Bimtek Registrasi Kependudukan Tahun 2014 yang digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM mengatakan bahwa untuk mengatasi permasalahan kependudukan, sangat dibutuhkan adanya sumber daya aparatur yang mampu, cakap dan handal dalam mengelola administrasi kependudukan.

Hal itu disampaikan Walikota Tebingtinggi saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Registrasi Kependudukan tahun 2014 yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Rabu (3/12) di gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo.

Dijelaskan bahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan serta pendaya gunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Ada lima fungsi petugas registrasi kependudukan, yakni melakukan verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia. Melakuan verifikasi dan validasi data peristiwa penting khususnya kelahiran, lahir mati dan kematian yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia.

Pencatatan dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk. Pemrosesan penerbitan dokumen kependudukan dan Sebagai penghubung dalam penyampaian dan pengambilan dokumen kependudukan.

“Melihat beratnya tugas dan tanggungjawab, serta fungsi petugas registrasi kependudukan, saya minta kepada seluruh peserta Bimtek petugas registrasi dapat serius, tekun dan disiplin serta tidak ada yang bolos untuk mengikutinya”, pinta Umar Zunaidi.

Pada kesempatan itu, walikota juga minta kepada panitia untuk dapat bertindak tegas kepada peserta yang tidak disiplin, absensi peserta agar dibuat per-sesi atau per-materi, “Kepada peserta yang tidak disiplin agar panitia dapat melaporkan kepada kami untuk ditindak sesuai peraturan yang berlaku”, tegas Umar Zunaidi Hasibuan. (Hans)

Check Also

Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah melantik dan mengukuhkan seluruh Kepala sekolah Menengah Atas (SMA), SMK dan juga Sekolah Khusus di jajaran Dinas Pendidikan Aceh dalam kegiatan yang berlangsung di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (27/3/17).

Gubernur Aceh Kukuhkan 664 Kepala SMA/SMK

Banda Aceh, sidaknews.com – Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah mengukuhkan sebanyak 664 Kepala SMA, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>