Jumat , 26 Mei 2017
Home » Berita Foto » Walikota Buka Bimtek SPIP Bagi Pegawai Unit Pelaksana Teknis

Walikota Buka Bimtek SPIP Bagi Pegawai Unit Pelaksana Teknis

Walikota Tebingtinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM
Walikota Tebingtinggi
Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) supaya dapat menerapkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) di lingkungan instansi masing-masing agar ada keseragaman dan kesefahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Dalam PP No.60 tahun 2008 tentang SPIP mengamanatkan kepada kita (unsur pimpinan instansi pemerintahan) untuk melakukan pengendalian atas kegiatan penyelenggaraan pemerintah, sehingga pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dapat tercapai”.

Demikian pesan Walikota Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka kegiatan Bimtek SPIP bagi pejabat dan pegawai jajaran unit pelaksana teknis di lingkungan Pemko Tebingtinggi, Selasa (9/12) di gedung Hj Sawiyah Nasution Jalan Sutomo.

Bimbingan teknis SPIP yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tebingtinggi dan berlangsung selama empat hari tersebut melibatkan 72 orang peserta dari unsur pejabat dan pegawai jajaran unit pelaksana teknis yang terdiri dari sekretaris / tata usaha, kasubag keuangan dan program / perencanaan pada masing-masing SKPD dilingkungan Pemko Tebingtinggi.

Lebih lanjut kata walikota, harus difahami bahwa kegiatan Bimtek SPIP ini merupakan jaminan demi tercapainya sasaran dan tujuan organisasi. “Melalui Bimtek SPIP ini juga akan dapat mendeteksi lebih dini apabila terjadi penyimpangan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah”, tegasnya.

Menurut walikota, Undang-Undang di bidang keuangan membawa implikasi perlunya sistem pengelolaan keuangan yang lebih akuntabel dan transparan. “Hal ini baru dapat dicapai jika seluruh tingkat pimpinan menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan di instansi masing-masing.

Dengan demikian, penyelenggaraan kegiatan pemerintahan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pertanggung-jawaban harus dilaksanakan secara tertib dan terkendali”, imbuhnya.

Ditegaskan kembali oleh walikota bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemko Tebingtinggi dalam mengejar Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah.

“Perlu saya ingatkan kembali, bahwa melalui kegiatan ini diharapkan unsur pejabat mampu melaksanakan tugas dan fungsi-nya berdasarkan 4 karakteristik dari pengelolaan keuangan daerah yang ideal, yakni taat pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, pengelolaan aset yang memadai, pelaporan keuangan yang dapat diandalkan serta efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kinerja”, pesan walikota Umar Zunaidi.

Sebelumnya, Kepala BKPP Kota Tebingtinggi Erwin Suheri Damanik menyampaikan, kegiatan Bimtek SPIP tahun 2014 bertujuan untuk memberikan penjelasan pemahaman tentang SPIP dengan harapan nantinya dapat diimplementasi-kan secara nyata dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. “Kita juga berharap target perolehan opini WTP atas laporan keuangan daerah bisa tercapai dengan baik”, harapnya. (Hans)

 

 

Check Also

Desa Paya Bujok Beuramoe Khitan Anak Kurang Mampu

Langsa, sidaknews.com – Sedikitnya 20 orang anak dari keluarga yang kurang mampu di desa Paya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *