Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Walikota Kunjungi Warga Terkena Puting Beliung

Walikota Kunjungi Warga Terkena Puting Beliung

Puting-Beliung-Terjadi-Siang-Sorenya-Wako-Langsung-Kunjungi-Korban
Walikota langsung meninjau lokasi warga tang terkena Puting-Beliung.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Walikota Tanjungpinang, H.Lis Darmansyah,SH tadi sore meninjau lokasi warga yang terkena angin Puting Beliung tadi sore (22/4). Musibah Musibah bencana alam ini telah memporak-porandakan 6 pintu rumah di kampung Baru Madong darat kelurahan kampung Bugis Kecamatan Tanjungpinang Kota, kejadian terjadi sekitar pukul 13.30 Wib.

Walikota juga didampingi Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah Kota Tanjungpinang Agustiawarman, Kepala Dinas Sosial dan tenaga Kerja Dimyath, Camat Tanjungpinang Kota R. Kholidin, Lurah Kampung Bugis Ridwan Budo, serta pejabat terkait lainnya menyambangi rumah para korban bencana.

Dikatakan Agustiawarman selaku Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah Kota Tanjungpinang, kedatangan Walikota beserta rombongan adalah untuk mengestimasi besarnya kerugian yang dialami para korban.

Tampak, salah rumah warga
Tampak, salah rumah warga kampung baru yang terkena Puting Beliung.

Dari hasil pantauan dilapangan, dilaporkan ada 6 rumah di RT 3 RW 5 Kampung Baru Madong darat yang terkena amukan puting beliung dengan kerusakan bervariasi. Lebih lanjut dikatakan Agustiawarman, kerusakan yang dialami korban antara lain atap rumah yang lepas, serta warung dan kandang ayam yang rusak.

Sementara itu, kerusakan terparah dialami oleh Ibu Nurhamisah. Sebagian atap rumahnya lepas terbawa puting beliung dan terjatuh disamping rumahnya. Selain air hujan yang masuk kedalam rumah dan menyebabkan banjir, harta benda Nurhamisah pun turut menjadi korban, diantaranya seperangkat pesawat televisi yang rusak.

Pada saat kejadian, Nurhamisah sedang berdoa usai menunaikan sholat. Janda beranak 4 tersebut sontak terkejut saat melihat puting beliung tiba-tiba membawa pergi sebagian atap rumahnya.

Walikota Tanjungpinang saat mendatangi rumah Nurhamisah hanya bisa prihatin sembari memberikan semangat kepada Nurhamisah agar tetap tegar dalam menghadapi cobaan. Dikatakan Lis, Pemerintah akan membantu secara maksimal perbaikan rumahnya. “Ibu tenang saja, kita akan bantu memperbaiki rumah Ibu. Ibu tinggal terima bersih saja. Termasuk peralatan elektroniknya yang rusak.” Ujar Lis kepada Nurhamisah.

Setelah estimasi dilakukan, pemerintah akan segera mengucurkan dana bantuan sesuai dengan kerugian yang dialami oleh korban. Selain bantuan secara materiil, pemerintah juga akan membantu memperbaiki rumah yang rusak hingga bisa kembali dihuni.

Bencana puting beliung memang kerap terjadi di Kota Tanjungpinang mengingat kondisi geografisnya yang berupa daerah kepulauan. Agustiawarman sendiri mengatakan Kota tanjungpinang memiliki potensi terjadinya puting beliung, terlebih untuk wilayah-wilayah pesisir seperti Teluk Keriting dan Penyengat.

Oleh karena itu, Agus berpesan kepada seluruh masyarakat pesisir pada khususnya agar jangan berada didalam rumah saat terjadi puting beliung, terlebih bila bangunan rumah tidak permanen. Selain itu, jangan berlindung dibawah pohon karena pohon dapat dengan mudah terangkat angin puting beliung.(Erva/hms)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *