Home » Berita Foto » Walikota Medan non aktif diisukan bebas murni

Walikota Medan non aktif diisukan bebas murni

Rahudman
Rahudman Harahap Walikota Medan Non aktif

Medan,Sidaknews.com – Direktur LBH Citra Keadilan, Hamdani Harahap menyebutkan masyarakat jangan terkecoh dengan adanya situs dari yang menyebutkan kalau Walikota non aktif Rahudman Harahap telah divobis bebas oleh Mahkamah Agung (MA). Menurut Hamdani sampai saat ini MA belum memutuskan kalau upaya kasasi yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) ditolak dan membebaskan Rahudman Harahap.

“Coba lihat di website tidak ada putasan itu. Informasi yang saya terima dari Mahkamah Agung hari ini kalau putusan bebas Rahudman Harahap dari Pengadilan Negeri Medan baru saja masuk.

Kalau ada link yang menyebutkan MA telah memvonis bebas Rahudman coba lihat yang betul, jangan terkecoh, link itu putusan PN Medan yang lalu, Hakim Ketua dan Hakim anggotanya saja orang hakim PN Medan,” ungkap Hamdani semberi menyebutkan kalau sudah bayak wartawan yang mempertanyakan hal tersebut.

Sebelumnya Ketua MA Hatta Ali juga menepis ada rumor kalau kasasi kasus Rahudman kan ditolak oleh MA. Saat ditanya wartawan usai menghadiri acara di Medan Hatta Ali menyebutkan kalau laporan kasasi Rahudman baru masuk ke kantornya.

“Laporan pengajuan kasasi Rahudman sampai sejauh ini belum diberi nomor. Baru masuk. Kalau sudah putus, pasti masuk di dalam website MA,” kata Hatta, malam ini.

Diketahui, Walikota Medan nonaktif, Rahudman Harahap sama sekali belum bisa mengirup nafas lega. Pasalnya, Kejati Sumut telah mengajukan akta permohonan kasasi terkait vonis bebas Rahudman dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Medan, pada kasus dugaan korupsi dana TPAPD Tapanuli Selatan Tahun 2005.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, permohonan kasasi atas nama Rahudman Harahap yang ditandatangani oleh Wakil Panitera PN Medan, Ilham Purba baru dikirim pada 3 oktober 2013 kepada Panmud Pidsus Mahkamah Agung (MA).

Ketua PN Medan, Erwin Mangatas Malau, menolak dan mengatakan tidak ingin dikonfirmasi kepadanya dengan alasan sibuk bekerja. Kemudian ia memerintahkan stafnya untuk berjumpa dengan Panitera Pidsus PN Medan, Wahyu Probo Julianto.

Wahyu Probo mengatakan, semua mekanisme kasasi dan pengiriman sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, yakni selama 14 hari.

“Rahudman kan divonis bebas murni pada 15 Agustus 2013, Kemudian setelah itu pihak penuntut umum mengajukan kasasi pada 26 Agustus 2013, yang ditindaklanjuti dengan kontra kasasi oleh Penasehat Hukum terdakwa Rahudman Harahap pada 2 September 2013,” sebutnya.

Wahyu juga mengatakan, pada 5 September 2013 JPU kembali mengajukan memori kasasi kemudian pada 20 september 2013 Rahudman mengajukan Kontra Memori Kasasi pada 20 September 2013, yang ditindaklanjuti dengan tanggapan Kontra Memori Kasasi pada 30 september 2013, oleh JPU.

“Kemudian setelah dinyatakan lengkap maka pengadilan negeri Medan, pada 3 Oktober 2013 atau selisih waktu empat hari langsung mengirimkan ke Panitera Muda Pidana Khusus Mahkamah Agung,” jelasnya.(**/Waspada)

 

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>