Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Walikota Resmikan Museum Kota Tebingtinggi

Walikota Resmikan Museum Kota Tebingtinggi

Keterangan gambar : RESMIKAN “Walikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Nyonya Hj Sri Kurnianingsih dan Wakil Walikota Ir H Oki Doni Seregar meresmikan Museum Tebingtinggi ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti”.
Keterangan gambar :
RESMIKAN “Walikota Tebingtinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Nyonya
Hj Sri Kurnianingsih dan Wakil Walikota Ir H Oki Doni Seregar meresmikan
Museum Tebingtinggi ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Nyonya Hj Sri Kurnianingsih dan Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar usai pelaksanaan kegiatan upacara bendera memperingati Peristiwa Berdarah 13 Desember 1945 meresmikan Museum Kota Tebingtinggi di bawah naungan Dinas Pemuda Olahraga Budaya Pariwisata (Disporabudpar), Sabtu (13/12), di Jalan Balai Kota.

Sebelumnya rombongan melakukan ziarah ke Makam Pahlawan dan kuburan tak dikenal di lokasi Titi Gantung Kecamatan Bajenis serta melaksanakan ritual tabur bunga di Sungai Padang untuk menghargai sejarah korban peristiwa berdarah zaman perang kemerdekaan.

Tampak hadir Kapolres Tebingtinggi AKBP Enggar Pareanom, Wakil Ketua DPRD Muhammad Hazly Hasibuan, Kadis Porabudpar Azhar Efendi Lubis SE, Musipda, SKPD, Camat, Lurah dan pelajar se Kota Tebingtinggi. Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, bahwa dibukanya museum ini merupakan suatu edukasi pendidikan bagi pelajar-pelajar untuk mengetahui tentang sejarah Tebingtinggi mulai dari zaman kerajaan, perang kemerdekaan dan masa orde baru.

“Ini alasan kita membuka museum di Tebingtinggi karena merupakan suatu kebutuhan ilmu pengetahuan khususnya mempelajari ilmu-ilmu peninggalan benda bersejarah yang ada”, paparnya. Selain benda-benda sejarah dari berbagai suku multi etnis yang ada di Tebingtinggi seperti suku nias, suku batak simalungun, batak toba dan suku jawa, ada juga peninggalan benda-benda bersejarah milik kerajaan Padang seperti keris, uang koin lama, tongkat, gerabah dan fhoto-fhoto peninggalan kerajaan Padang serta telepon lama zaman penjahahan Belanda yang masih bisa dipergunakan.

Menurut Umar kembali, bahwa museum ini nantinya menjadi salah satu ikon pariwisata untuk menjual nama Tebingtinggi keluar daerah dan menjadi motivasi bagi daerah lain untuk bisa mengikutinya. “Memang sangat banyak keuntungan memiliki museum, Tebingtinggi berencana menjadikan sejarah berdirinya Tebingtinggi dan kerajaan Padang menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah agar para pelajar bisa mempelajari”, jelasnya.

Kepala Museum Sumatera Utara Sri Hartini sangat bangga melihat Pemerintah Kota Tebingtinggi mampu membuat museum dengan memprogramkannya hingga ke tingkat pendidikan, khususnya bagi pelajar-pelajar agar bisa mempelajari sejarah kota-nya sendiri. Bahkan menurut dia, nantinya Tebingtinggi bisa menjadi tolak ukur bagi daerah lain yang ingin mempelajari sejarah budayanya yaitu dengan melakukan penelitian tentang sejarah sehingga dengan mudah akan bisa dipahami terutama bagi peneliti.

“Memang merawat museum itu tidak mudah dan harus ada perhatian besar pemerintah setempat, baik dari segi pendanaan dan perawatan benda-benda yang memiliki sejarah. Kami siap membantu jika Pemko Tebingtinggi membutuhkannya, terpenting, kita secara bersama-sama harus menjaga dan melestarikan sejarah kota kita sendiri”, pinta Hartini. (Hans)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

2 comments

  1. penulisan Judulnya mohon diperhatikan
    Walikota Resmikan Meseum Kota Tebingtinggi, seharusnya Walikota Resmikan Museum Kota Tebingtinggi

    bukan Meseum, tetapi Museum

    Trimaksih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>