Kamis , 30 Maret 2017
Home » Berita Foto » Walikota Tanjungpinang: Pegawai Teladan Dituntut Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Daerah

Walikota Tanjungpinang: Pegawai Teladan Dituntut Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Daerah

Walikota Tanjungpinang Saat Memberikan Kata Sambutan
Walikota Tanjungpinang Saat Memberikan Kata Sambutan kepada rombongan pegawai Pemko Tanjungpinang yang sedang melakukan kunjungan Silaturahim Ke Pemerintah Cirebon.

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi dewasa ini memaksa setiap inidividu untuk dapat mempertahankan eksistensinya di era yang semakin modern. Hal ini merupakan tantangan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang untuk dapat mempertahankan nilai-nilai budayanya agar tidak hilang ditelan waktu.

Terlebih bagi para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang memang dituntut agar dapat menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam mempertahankan nilai-nilai budaya yang sudah ada sejak jaman nenek moyang.

Pegawai yang selalu mempertahankan nilai budayanya dan membawa perilaku luhur didalam kehidupan sehari-harinya adalah pegawai teladan yang dapat dijadikan contoh. Demikian disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH saat mengantarkan rombongan pegawai di lingkungan Pemko Tanjungpinang yang sedang melakukan kunjungan silaturahim ke Pemerintah Kota Cirebon, Rabu (17/9).

Rombongan yang berjumlah 34 orang tersebut merupakan orang-orang terpilih yang memiliki prestasi di unit kerjanya masing-masing sesuai dengan kriteria penilaian Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungpinang. Diantaranya adalah kinerja, kedisiplinan, inovasi dalam bekerja, serta pengamalan nilai-nilai budaya dalam aktivitasnya sehari-hari.

Seluruh Peserta Kegiatan Capacity Building Berfoto Bersama Walikota Tanjungpinang dan Sultan Cirebon.
Seluruh Peserta Kegiatan Capacity Building Berfoto Bersama Walikota Tanjungpinang dan Sultan Cirebon.

Kunjungan ke Pemerintah Kota Cirebon ini merupakan salah satu kegiatan capacity building sekaligus untuk me-refresh tenaga dan pikiran serta menghilangkan kejenuhan dalam tekanan pekerjaan.

“Pegawai dituntut kedisiplinan dan etos kerjanya. Bukan hanya punishment saja yang ditekankan, namun reward juga menanti untuk para pegawai yang masih mengamalkan budaya daerahnya dalam pekerjaan sehari-hari.” Kata Lis. “Karena budaya daerahlah yang membentuk karakteristik masyarakat kita. Menjadi pejabat bukan berarti nilai budaya bisa dilupakan begitu saja.” Katanya lagi.

Kota Cirebon sendiri merupakan salah satu kota di wilayah Jawa Barat yang padat dengan aktivitas perdagangan serta pelayanan jasa lainnya yang tipikal daerahnya tidak jauh berbeda dengan Kota Tanjungpinang. Kota Cirebon juga memiliki kelebihan tersendiri berkaitan dengan ekonomi kerakyatan serta nilai-nilai budaya yang tetap dipertahankan hingga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

Berbekal warisan nilai-nilai budaya masa lalu, Kota Cirebon tumbuh menjadi kota maju dengan masyarakatnya yang berbudaya tinggi pula. Semangat itu lah yang ingin ditiru pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Kunjungan rombongan Walikota Tanjungpinang ke Pemerintah Kota Cirebon disambut dengan tangan terbuka oleh Walikota Cirebon Drs. H. Ano Sutrisno, MM dengan didampingi Sekda Kota Cirebon beserta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon.

Walikota Tanjungpinang sendiri didampingi oleh Kepala BKD Kota Tanjungpinang R. Khairani, Asisten bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Efiyar M. Amin dan Staf Ahli Walikota bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Eka Hanasarianto, M.Kes.

Usai mengunjungi Kantor Walikota Cirebon, rombongan bergegas menuju ke Keraton Kesultanan Kasepuhan Cirebon dimana terdapat komplek tempat tinggal Sunan Gunung Jati.

Rombongan diterima langsung oleh Gusti Sultan Sepuh XIV P.R.A Arief Natadiningrat, SE. Dalam kunjungan ke keraton ini, Sultan berpesan kepada para rombongan bahwa menjadi seorang pejabat tidak harus selalu melihat keatas, tapi juga harus melihat ke bawah dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya luhur warisan masa lalu.(Sn)

Check Also

img-20170327-wa0020-1-640x427

Peringatan HUT Damkar, Petugas Diminta Siaga 24 Jam

Lutim, sidaknews.com – Sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Petugas …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>