Senin , 29 Mei 2017
Home » Berita Foto » Warga Bukit Semprong Merasa Lega Dapatkan Sertifikat Tanah

Warga Bukit Semprong Merasa Lega Dapatkan Sertifikat Tanah

Warga Bukit Semprong Segera Dapat Sertifikat Tanah
Warga Bukit Semprong Segera Dapat Sertifikat Tanah

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Warga di Jalan Bukit Semprong Kelurahan Tanjungpinang Barat bisa tersenyum lega. Pasalnya, tak lama lagi tanah yang telah mereka miliki akan segera disertifikasi. Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH saat berdialog dengan warga masyarakat Jl. Bukit Semprong Kelurahan Tanjungpinang Barat terkait status tanah yang sudah mereka miliki sejak bertahun-tahun lamanya.

Dialog dilakukan di Gedung Organisasi Wanita (GOW) Jalan Sumatera, Selasa (8/7), dengan menghadirkan Kepala Badan Kebangpol Penmas Dimyath, Kepala Bagian Keagrariaan Abu Mansyur, Camat Tanjungpinang Barat Samsudi, Lurah Tanjungpinang Barat Suci Prihatini, serta beberapa pihak terkait.

Dalam dialog tersebut, Lis menegaskan bahwa pemerintah telah melepaskan tanah Negara untuk masyarakat di Jalan Bukit Semprong. “Dengan demikian masyarakat bisa segera mengurus surat-surat tanahnya agar segera bisa dikeluarkan sertifikatnya.” Kata Lis. Pernyataan tersebut sontak disambut gembira oleh para warga yang hadir. Bagaimana tidak, permasalahan kepemilikan tanah tersebut sudah ada sejak tahun 1951, dan baru sekarang statusnya jelas.

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah,SH saat berbincang dengan Warga
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah,SH saat berbincang dengan Warga.

Lebih lanjut dikatakan Lis, pemerintah akan membantu proses sertifikasi ini secara gratis. Namun ada beberapa hal yang ditegaskan Lis, yaitu permasalahan ahli waris. Jika pemilik tanah memiliki ahli waris lebih dari 1 orang, maka harus dibuat surat pernyataan yang menyebutkan bahwa ahli waris yang namanya akan dicantumkan dalam sertifikat tanah tersebut telah ditunjuk secara sah oleh keluarga yang bersangkutan.

Hal ini, menurut Lis, untuk menghindari munculnya sengketa lain dalam keluarga. “Jangan sampai masalah dengan pemerintah selesai, tapi muncul lagi masalah keluarga. Saya tidak mau itu terjadi.” Tegas Lis.

Ada sebanyak 48 KK yang tanahnya akan segera disertifikasi. Lis juga mengingatkan, untuk teknis pengurusannya agar segera berkoordinasi dengan kelurahan untuk memenuhi persyaratannya. Warga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, karena setelah berpuluh-puluh tahun tidak memiliki kepastian hokum atas tanahnya, tahun ini semua terjawab sudah.

Selain Bukit Semprong, saat ini Pemko Tanjungpinang juga sedang menyelesaikan masalah sengketa tanah di Gang Menur dan Gang Salam. “Tapi itu semua dilakukan secara bertahap. Perlahan tapi pasti masalah tersebut akan segera tuntas.” Ujar Lis.(Erva)

Check Also

Suasana Ramadhan di Kota Peureulak Spontan Berubah, Pedagang Musiman Penuh Disepanjang Jalan

Aceh Timur, sidaknews.com – Kebiasaannya setiap tahun penjualan jajanan atau bukaan puasa penuh di jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *