Home » Berita Foto » Wawako Buka Sosialisasi Keamanan Pangan Bagi PKL

Wawako Buka Sosialisasi Keamanan Pangan Bagi PKL

Wawako pada Acara
Wawako Tanjungpinang, H.Syahrul ,SPd

Tanjungpinang,Sidaknews.com – Tanjungpinang merupakan Kota Tujuan Wisata domestic maupun mancanegara, banyaknya pengunjung yang berdatangan ke Kota ini, menjadikan para Pedagang Kaki Lima (PKL) mempunyai andil yang cukup untuk menunjang aktifitas perekonomian di Kota Gurindam.

Oleh karena itu, untuk memberikan pemahaman tentang kesehatan makanan yang disajikan, maka Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan, menggelar Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi PKL Se-Kota Tanjungpinang, Rabu (12/03), bertempat di Aula Pertemuan Embung Fatimah Km. X Tanjungpinang.

“Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd membuka secara resmi kegiatan tersebut, dengan ditandai pemasangan celemek kepada Pegadang Kaki Lima.”

Dengan pemberian celemek kepada para pedagang, hal ini merupakan suatu bentuk kepedulian Pemerintah Kota Tanjungpinang, saya berharap ce;lemek tersebut dapat dipakai setiap hari, “ celemek yang diberikan ini, jangan disimpan saja, atau di gantung di dalam lemari, celemek ini merupakan indentitas bagi para pedagang dan memberikan kesan serta dampak yang positif bagi para pengunjung.

Selain itu dapat mencerminkan kebersihan yang merupakan daya tarik bagi konsumen “. Ucap Wawako kepada seluruh pedagang yang hadir pada penyuluhan tersebut.

Di ungkapkan Wawako, Pedagang Kaki Lima mempunyai keterkaitan dengan perekonomian masyarakat, oleh karena itu para pengelola perlu mendapat perhatian, makanan yang dikelola harus lebih profesiomal dan higienis sehingga memberikan suguhan makanan yang sehat kepada masyarakat ataupun wisatawan.” Ungkapnya.

Untuk itu, Saya berharap dengan sosialisasi ini, para pedagang mendapatkan bekal pengetahuan tentang bahan makanan yang aman dan mampu memgelola dagangannya secara sehat, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masayarakat dan pedagang, mari kita bersama-sama mewujudkan Kota Tanjungpinang yang kita cintai ini sebagai pusat wisata sehat yang menyajikan sajian sehat.” Tutup Wawako.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, SKM, M.si mengatakan seiring dengan banyaknya kejadian tentang keracunan pangan dan penyalahgunaan bahan pangan, kami dari Dinas Kesehatan perlu melindungi masyarakat dari pengaruh buruk akibat makanan yang kurang sehat.

Selain itu, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para pedagang tentang produksi pangan yang sehat, penggunaan bahan pangan serta efek biologis dari bahan berbahaya, agar kita dapat mengantisipasi datangnya penyakit akibat produk pangan yang tidak sehat.” Ucapnya.

Lanjutnya, penyuluhan ini dilaksanakan selama satu hari, dan diikuti seluruh pedagang kaki lima mulai dari ocean corner, anjung cahaya, melayu square, potong lembu, km. 5 hingga km .11, dengan jumlah sebanyak 200 Orang. Metode penyuluhan dengan ceramah, tanya jawab, dan pemutaran film cara produksi pangan.” Katanya.

Acara turut dihadiri, Ketua GOW Kota Tanjungpinang Juariah Syahrul, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Drs. Dimyath, M.Si, Kepala Badan POM Provinsi Kepri, Sub.bidang Kesehatan RI, serta para peserta sosialisai.(Hms/Erva)

Check Also

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, panelis, kepolisian, serta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh melakukan evaluasi debat kandidat terbuka kedua

Dievaluasi, Debat Kandidat Kedua Cagub Aceh

Banda Aceh, sidaknews.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama tim sukses enam pasang calon, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>