Minggu , 26 Maret 2017
Home » Berita Foto » Wawako Tebingtinggi Resmikan Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Wawako Tebingtinggi Resmikan Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan

Keterangan gambar : PATEN “Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar didampingi Wakil Ketua DPRD M Hazly Azhari dan Camat Rambutan M Wahyudi SSTP meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di kantor Kecamatan Rambutan ditandai dengan pengguntingan pita”.
Keterangan gambar :
PATEN “Wakil Walikota Tebingtinggi Ir H Oki Doni Siregar didampingi Wakil Ketua DPRD M Hazly Azhari dan Camat Rambutan M Wahyudi SSTP meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di kantor Kecamatan Rambutan ditandai dengan pengguntingan pita”.

Tebingtinggi,Sidaknews.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Tebingtinggi, Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di kantor Kecamatan Rambutan Jalan Gunung Leuser kota setempat, Kamis (11/12).

Wakil Walikota Tebingtinggi mengatakan, dalam konteks pelayanan publik (public service), penyelenggaraan pemerintah telah mengalami pergeseran paradigma menuju ke pemerintahan yang lebih menekankan pada kolaborasi dan sinergi dalam konsep good governance.

“Perubahan paradigma tersebut hendaknya diikuti dengan perubahan konsep penyelenggaraan pelayanan public, sehingga pelayanan yang lebih berkualitas dan dekat kepada masyarakat adalah sebuah keniscayaan untuk mencapai kesejahteraan keluarga”, ujarnya.

Menurut Oki Doni Siregar, optimalisasi peran kecamatan merupakan ekselerator (percepatan) dalam meningkatkan pelayana public di daerah. “Momen ini sejalan dengan perubahan posisi kecamatan.

Dimana sebelumnya kecamatan merupakan wilayah kekuasaan camat menurut UU No.5/1974 tentang pokok-pokok pemerintahan di daerah, kini berubah menjadi wilayah kerja menurut UU No.23/2014 tentang pemerintah daerah. Wilayah kekuasaan menunjukkan adanya yurisdiksi kewenangan di dalamnya, sedangkan wilayah kerja merupakan wilayah pelayanan kepada masyarakat”, jelas Oki.

Dijelaskan juga bahwa pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) sangat penting diterapkan karena, merupakan sebuah terobosan dan inovatif kreatif dalam memberikan pelayanan administrasi di kecamatan supaya lebih cepat, mudah, transparan dan berkualitas, memberikan penguatan terhadap optimalisasi tupoksi kecamatan, memberikan penguatan terhadap eksistensi instansi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam mendukung iklim investasi di daerah, karena mampu menjadi simpul pelayanan (front office) serta menjadi pioneer dalam mengisi ruang desentralisasi dengan memberikan akses dan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan Paten ini diharapkan peran camat selalu berinovasi dan memberikan penguatan peran aparatur dilingkungannya masing-masing, agar dalam pelaksanaan tugasnya dapat lebih optimal, sehingga kedepan, pelayanan Paten ini akan mendorong terwujudnya pelayanan yang mudah, murah, cepat, berkualitas dan transparan”, harap Oki.

Sebelumnya, Ketua Tim Teknis Paten Drs H Agus Salim memaparkan, Paten adalah penyelenggaraan pelayanan public di kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat yang berarti, cukup melalui satu meja atau loket pelayanan. Sistem ini memposisikan masyarakat hanya berhubungan dengan satu petugas meja/loket pelayanan di kecamatan, sehingga tidak perlu lagi mendatangi setiap petugas yang berkepentingan.

“Warga cukup menyerahkan berkas ke petugas loket pelayanan, duduk menunggu sejenak, kemudian dipanggil untuk menerima dokumen yang sudah selesai. Sedangkan standard pelayanan dalam penyelesaian satu jenis pelayanan sudah ditentukan, apakah itu 15 menit, 30 menit atau satu jam”, jelasnya. (Hans)

Check Also

Presiden RI, Ir. Joko Widodo saat memberikan pidato dalam penutupan Silatnas di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, sabtu (25/3).

Presiden Tutup Silatnas di Pesantren Musthafawiyah Purba Baru

Mandailing Natal, sidaknews.com – Usai melakukan peresmian pembangunan asrama haji Mandailing Natal (Madina). Presiden RI, Ir …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>