Home » Berita Foto » Zulkifli Hasan Ketua MPR Terpilih

Zulkifli Hasan Ketua MPR Terpilih

Zulkifli Hasan Pimpinan MPR-RI Periode 2014-2019.
Zulkifli Hasan Pimpinan MPR-RI Periode 2014-2019.

JAKARTA – Zulkifli Hasan paket yang diusung oleh Koalesi Merah Putih (KMP) dapat meraih suara mayoritas dengan perolehan suara sebanyak 347 dari suara 678 anggota Majelis yang mengikuti pemungutan suara.Pemilihan Ketua MPR berlangsung hingga dini hari, rabu (8/10).

Sementara Paket yang diusung Koalesi Indonesia Hebat (KIH) hanya meraup 330 suara. Sedangkan 1 suara lainnya abstain.

Dengan demikian, Zulkifli Hasan (Partai Amanat Nasional) ditetapkan sebagai Ketua MPR. Mantan Menteri Kehutanan tersebut akan didampingi Mahyudin (Fraksi Partai Golkar), EE Mangindaan (Fraksi Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), dan Oesman Sapta Odang (Dewan Perwakilan Daerah).

Meskipun menyorongkan Oesman Sapta Odang sebagai calon Ketua MPR, Koalisi Indonesia Hebat gagal meraih dukungan maksimal dari para anggota DPD. Dukungan dari Fraksi Persatuan Pembangunan (FPPP) yang menyeberang dari Koalisi Merah Putih juga belum cukup untuk memenangkan paket yang diusung partai-partai pendukung presiden terpilih Joko Widodo tersebut.

Dinamika di DPD terkait posisi Oesman tidak satu suara. Di internal DPD, ada sejumlah anggota yang memiliki afiliasi parpol dengan KMP. ”Sesuai hasil voting, Paket B ditetapkan sebagai pemenang pimpinan MPR, yakni Ketua Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta,” kata Maimanah mengetok palu pengesahan.

Dalam paparan sebelum pemilihan, Zulkifli Hasan mengaku tidak bermimpi untuk menjadi ketua MPR. “Namun, apa daya jika garis tangan saya menuju ke sana,” katanya.

Paket pimpinan KMP didukung partai-partai yang pada pilpres lalu mendukung Prabowo Subianto sebagai capres, yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat dan PKS.

Sedangkan paket pimpinan MPR dari Koalisi Indonesia Hebat terdiri atas Oesman Sapta Odang (calon ketua), dan empat calon wakil ketua yakni Ahmad Basarah (FPDI), Imam Nahrawi (FPKB), Patrice Rio Capella (Fraksi Partai Nasdem), dan Hasrul Azwar (Fraksi PPP).

Mereka didukung oleh FPDIP, FPKB, Fraksi Partai Nasdem, FPPP, Fraksi Partai Hanura, dan Kelompok DPD.

(sumber:Jpnn.com)

 

 

 

 

Check Also

Ilustrasi. Foto: Dok

Terbukti Edarkan Narkoba, Herman Dibui Delapan Tahun

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terbukti bersalah memiliki dan mengedarkan narkoba, terdakwa Herman alias Babe (56) dihukum …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>