Kepsek SMKN 1 Lais Diduga Terindikasi Tidak Transparan Penggunaan Dana BOS

0
165

Muba,sidaknews.com – Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Lais terindikasi tidak transparan dalam penggunaan Dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS), Jumat (26/03/21).

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan media ini dana BOS SMKN 1 Lais disinyalir tidak direalisasikan sesuai fungsinya.

“Dana BOS sudah cair sebesar 182 Juta tidak digunakan untuk Perehapan sekolah atau belanja ATK,” ujar narasumber yang tidak kami sebutkan dalam pemberitaan kali ini.

Diketahui, SMKN 1 Lais saat ini memiliki 338 Peserta Didik (PD), sementara Sekolah Menengah Kejuruan Rp 1,6 juta per satu orang peserta didik setiap tahun dan Sekolah Terintegrasi (SDLB, SMPLB, SMALB, SLB): Rp 2 juta per satu orang peserta didik setiap tahun.

Berdasarkan Permendikbud No 6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis BOS Reguler SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2021 Sekolah menggunakan Dana BOS Reguler untuk membiayai operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah seperti: Penerimaan peserta didik baru, Pengembangan Perpustakaan, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan asesmen dan evaluasi pembelajaran.

Kemudian, pelaksanaan administrasi kegiatan sekolah, Pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan, Pembiayaan langganan daya jasa, Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, Penyediaan alat multi pembelajaran, Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi keahlian, Penyelenggaraan kegiatan dalam mendukung ke terserapan lulusan dan pembayaran honor.

Sementara itu hingga berita ini diunggah, Pihan selaku Kepsek SMKN 1 saat mau di konfirmasi tidak ada di tempat hanya Wakil kesiswaan yang bisa di temui. (Awam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here