Senin , 15 Oktober 2018
Home » Berita Foto » KPU Tanjungpinang Gelar Deklarasi Pilkada Damai

KPU Tanjungpinang Gelar Deklarasi Pilkada Damai

Kedua Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang dalam kegiatan Deklarasi Pilkada Damai melepaskan burung merpati ke udara. Burung merpati dijadikan sebagai simbol perdamaian. Foto: Ist

Tanjungpinang, sidaknews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar Deklarasi Pilkada Damai di lapangan Pamedan jalan Ahmad Yani Kota Tanjungpinnag, Minggu(18/2).

Deklarasi diikuti dua pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kota Tanjungpinang yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh KPU yakni pasangan Syahrul-Rahma dan Lis Darmansyah-Maya Suryanti.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, acara tersebut merupakan Deklarasi Pilkada damai yang juga dilaksanakan di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2018 di Indonesia, salah satunya di Tanjungpinang.

Dalam kegiatan ini, sambung dia, ada tiga hal penting yang perlu ditekankan dan poin penting dalam Pilkada diantaranya Pilkada Anti Hoak, Pilkada Anti Sara dan Pilkada Anti Money Politic.

“Jadi tiga poin penting yang kita sampaikan kepada Paslon agar dapat mengkomunikasikan kepada pasangan calon serta tim sukses dari Paslon ini, agar tidak menggunakan strategi itu ,” ucap Robby usai melaksanakan Deklarasi Pilkada Damai.

Menurut Robby, Pilkada yang sukses itu yang pertama ukurannya adalah tingginya partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara, tidak ada kerusuhan, masyarakat yang bebas memilih dan tidak ada tekanan apapun dalam memberikan hak pilih.

”Supaya Pilkada 2018 ini dapat sukses,” katanya.

Jika melihat pada pilkada 2012 yang lalu, lanjut Robby, pencapaian suksesnya hanya di bawah 50 persen, maka ditargetkan oleh KPU RI tingkat kesuksesan Pilkada pada tahun 2018 harus mencapai 77,5 persen.

“Hal ini dapat tercapai dengan semua bantuan stakholder yang terkait, baik itu pemerintah daerah dan rekan-rekan media serta masyarakat, saya rasa itu bisa diwujudkan,” ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan jika kegiatan deklarasi damai yang dilaksanakan KPU Tanjungpinang tersebut merupakan deklarasi ketiga yang di Tanjungpinang.

“Karena sebelumnya deklarasi yang pertama sudah dilaksanakan Polres Tanjungpinang dan Deklarasi Damai oleh Panwaslu,” kata Kapolres. (Rindu Sianipar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *