Jumat , 22 Maret 2019
Home » Berita Foto » Babinsa Batang Angkola Gelar Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati

Babinsa Batang Angkola Gelar Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati

Kelompok Tani ketika mengikuti pelatihan yang digelar Babinsa 11 /BA dan PPL BPPP Batang Angkola di Desa Pasar Lama, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel, Kamis (14/3).

Tapsel, sidaknews.com – Babinsa Koramil 11/BA Kodim 0212/TS bersama PPL BPPP Kecamatan Batang Angkola, Kamis (14/3) melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan “pestisida nabati”.

Kegiatan ini juga diikuti anggota Kelompok Tani Bersama KWT Kompak Mandiri dan Kelompok Tani Horas Desa Pasar Lama Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Pestisida nabati itu merupakan upaya khusus mengatasi hama pengganggu tanaman berupa ulat, walang sangit serta segala jenis hama pengganggu tanaman dengan bahan yang sederhana dan mudah didapat di sekitar lingkungan kita.

Dan cara membuatnya pun sangat mudah, serta banyak memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para petani warga Desa Pasar Lama yang mana sudah lama terkenal dengan corak macam pertanian di sini.

Sementara itu, di hadapan para peserta PPL BPPP Kecamatan Batang Angkola, Rahmi menjelaskan bahwa pembuatan “pestisida nabati” ini sangat bermanfaat guna menekan biaya produksi petani dengan membuat pestisida nabati yang bahan bahannya ditemukan di sekitar lingkungan/tanaman dari alam berupa:

-Daun sirsak 2kg, Daun nimba 2kg
-Lengkuas 1 kg, Sari Wangi 5kg
-Broto Wali 1kg, Air 30 liter, sabun colek 1 sendok makan.

Ia juga menjelaskan bahwa perlu diketahui dan dipahami ada banyak hal manfaat pembuatan pestisida nabati ini salah satu untuk membunuh kuman tanaman (bahasa daerahnya Wereng) untuk mengusir hama tanaman secara efektif, tutupnya.

Sementara itu, kepada wartawan, Koptu AK Daulay menjelaskan dengan adanya kegiatan ini sehingga petani tidak lagi mengeluh terhadap serangan hama pada tanaman padi, dan jenis tanaman lainnya , karena semua bahan-bahan baku mudah didapatkan dilingkungan sekitar.

“Bahkan para petani tidak mengeluarkan biaya sedikit pun untuk membeli semua bahan baku serta ramah lingkungan,” katanya.

Kepala Desa Pasar Lama, Salman Harahap SH mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini merupakan hal yang positif dan perlu dikembangkan karena bisa menambah ilmu dan juga bisa menghemat biaya anggaran dalam pemeliharaan berkebun maupun bercocok tanam.

“Yang penting ada kemauan dan tidak malas, apalagi Desa pasar lama ini merupakan salah satu sentra pembibitan di wilayah Kecamatan batang Angkola,” tutupnya seraya mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Koramil 11/Ba dan PPL BPPP Kecamatan Batang Angkola.

Dalam amatan di lapangan, kelompok tani dan warga sangat antusias mengikuti acara yany dikemas dengan penuh kekeluargaan. Acara berjalan aman dan tertib. (Sabar/Mis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *