Sabtu , 25 Mei 2019
Home » Berita Foto » Banjir Bandang di Desa Tarutung Baru Hanyutkan 3 Unit Rumah

Banjir Bandang di Desa Tarutung Baru Hanyutkan 3 Unit Rumah

Wakapolres Padangsidimpuan, Kompol Matnur Dalimunte mewakili Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman wijaya S.IK.M.H meninjau lokasi banjir bandang di Desa Tarutung Baru, Kota Padangsidimpuan pasca diterjang banjir bandang, Rabu (15/05/2019).

Sidimpuan, sidaknews.com – Pemko Padangsidimpuan mengerahkan alat berat (excavator) untuk membersihkan lumpur akibat banjir bandang di Desa Tarutung Baru, Kecamatann, Psp Tenggara,Kota Padangsidimpuan yang terjadi Rabu (15/4) dini hari.

Sebanyak tiga unit rumah hanyut dan 5 rumah rusak berat akibat banjir bandang ini. ‎

“Ini merupakan peristiwa alam. Pihak Pemko Padangsidimpuan ,TNI /Polri telah lakukan langkah-langkah perbaikan dan membuka jalur jalan yang tertimbun begitu juga rumah warga,” ujar Kepala Desa Tarutung Baru, Dames Pasaribu kepada sidaknews.com ketika ditemui di lokasi bencana.

Dames mengatakan, pihaknya telah menambah excavator agar proses pembersihan pemukiman warga cepat diatasi. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemko Padangsidimpuan dan TNI/ Polri untuk melakukan pembersihan.

“‎Excavator dan truk-truk ditambah untuk mempercepat proses normalisasi pasir di rumah-rumah warga dan jalan agar bisa segera dilalui ,” kata Dames.

Sementara Kepala BPBD Padangsidimpuan, Ali Ibrahim Dalimunte mengatakan Pemko Padangsidimpuan saat ini sudah mendirikan dapur darurat untuk para korban dan pihaknya sampai saat ini sedang melakukan pembersihan material dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pihaknya bersama Kodim 0212/TS dan Polres Padangsidimpuan sedang melakukan normalisasi terhadap saluran irigasi yang rusak akibat banjir bandang yang merusak pemukiman warga.

Menurut Ali untuk rumah yang rusak butuh proses karena membutuhkan waktu. Pihaknya saat ini sedang membersihkan rumah warga yang tertimbun lumpur dan sampai hari ini pihaknya sedang melakukan pembersihan material dan tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang ini.

Sedikitnya 8 rumah rusak berat tiga diantaranya hanyut disebabkan banjir bandang yang menerjang Desa Tarutung Baru, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Rabu (15/05/2019) sekitar Pukul 04.00 wib dini hari.

“Untuk kerugian material diperkirakan satu miliar rupiah,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, personil Polres Padangsidimpuan yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Matnur Dalimunte didampingi para perwira dan kapolsek langsung mendatangi lokasi bencana dan menyambangi rumah warga yang rusak dan melakukan langkah langkah konkrit untuk menangani bencana tersebut. (Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *