Minggu , 26 Mei 2019
Home » Kepri » Anambas » Bawaslu Anambas Ajak Media Ikut Mengawasi Pemilu

Bawaslu Anambas Ajak Media Ikut Mengawasi Pemilu

Ketua Bawaslu Kepulauan Anambas, Yopi Susanto 

Anambas, sidaknews.com – Untuk mencegah terjadinya pelanggaran saat masa kampanye Pileg dan Pilpres RI pada 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengajak media turut serta berperan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Demikian dikatatakan Ketua Bawaslu KKA, Yopi Susanto saat menggelar pertemuan dengan sejumlah awak media ini dalam rangka membangun dan meningkatkan Relationship antar lembaga pada pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di sebuah warung kopi di depan BSM, kemarin.

“Pertemuan ini untuk meningkatkan kerjasama dalam pengawasan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Sebab saat ini memasuki masa kampanye hingga April 2019. Jadi kemungkinan adanya pelanggaran saat masa kampanye ini untuk dipantau bersama,” ujar Yopi di saat pertemuan berlangsung.

Ia mengatakan, tugas pokok dan fungsi Bawaslu saat ini adalah dalam pencegahan pelanggaran Pemilu 2019. “Sebisa mungkin pencegahan pelanggaran Pemilu 2019 bisa terus kami lakukan. Dengan cara sosialisasi ke para caleg dan masyarakat luas. Kami tidak bisa bekerja sendiri. Pers lah yang sangat membantu memberikan informasi jika memang ada pelanggaran di lapangan,” sebutnya.

Ditanya terkait proses kampanye,Yopi mengatakan,
untuk tahap kampanye ada beberapa administrasi kampanye yang harus dipersiapkan. Antara lain, menyampaikan surat pemberitahuan kepada kepolisian dan selanjutnya kepolisian akan mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye (STTPK) dan kemudian disampaikan ke Bawaslu.

“Lalu disampaikannya, pihak Bawaslu akan ikut mengawasi konten kampanye yang akan berlangsung. Jika tidak ada STTPK, Bawaslu akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk selanjutnya akan menghentikan kegiatan kampanye tersebut.

Sedangkan konten pelanggaran kampanye, seperti mempersoalkan dasar negara, menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya,” terangnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh caleg di KKA yang berjumlah 100 lebih untuk menciptakan suasana yang sejuk dan jangan saling menjatuhkan.

“Berkampanyelah yang santun dan mengikuti aturan yang ada. Hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait pelanggaran di masa kampanye. Jika memang ada langsung laporkan ke kami,” katanya. (Aria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *