Minggu , 18 November 2018
Home » Berita Foto » Bupati Karimun Terima Kunjungan Kepala Imigrasi

Bupati Karimun Terima Kunjungan Kepala Imigrasi

*Bahas Kondisi Pengurusan Perpanjangan Paspor

Bupati Karimun Aunur Rafiq foto bersama dengan Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah dalam menerima kunjungan dirumah pribadinya, Kamis (8/11).

Karimun, sidaknews.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun yang baru, yakni Darmunansyah, di rumah pribadinya Perumahan Telaga Mas Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun, Kamis (8/11).

Dalam kesempatan itu Rafiq pun menceritakan keluh kesah masyarakat yang curhat kepadanya, soal perpanjangan paspor yang akan habis masa berlaku, harus menunggu enam bulan lamanya baru dapat dibuatkan paspor baru.

“Ini menjadi kendala bagi masyarakat kita yang akan berangkat ke Malaysia, dimana banyak masyarakat kita yang bekerja di negara tetangga itu. Tapi ketika sulit membuat paspor baru mengakibatkan mereka terpaksa nganggur,” kata Rafiq.

Kendati aturan tersebut telah dibakukan dari pusat dalam hal ini Dirjen Keimigrasian, namun Rafiq berharap agar ada kebijakan khusus yang dapat diambil oleh Kepala Kantor Imigrasi yang baru. Tentunya dengan tidak menyalahi aturan yang ada. “Paling tidak mempermudah saja dulu kepengurusannya, kalau soal pungli itu saya rasa sudah aman lah, tidak ada lagi ditemukan. Karena kita sama-sama tahu kemarin kan ada yang dipecat karena terlibat pungli. Artinya Imigrasi memang komit memberantas pungli,” jelas Rafiq.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah mengatakan, akan bersedia membantu dalam memudahkan kepengurusan paspor. Terutama soal keluhan bagi masyarakat yang disampaikan langsung kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq.

“Nanti bisa saja akan kita buatkan kebijakan, yang pastinya sesuai dengan aturan berlaku,” katanya.

Disamping itu juga Imigrasi Tanjungbalai Karimun akan tetap melakukan pemantauan terhadap proses pembuatan paspor. Hanya saja dia menjelaskan untuk pengurusan perpanjangan (paspor) tak semudah membuat pertama kali. Terlebih jika ditemukan adanya pergantian nama, sehingga disinyalir ada motif tertentu. (ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *