Selasa , 25 Juni 2019
Home » Berita Foto » Cabuli Dua Muridnya, Oknum Guru SD ini Divonis 8,5 Tahun Bui

Cabuli Dua Muridnya, Oknum Guru SD ini Divonis 8,5 Tahun Bui

Said Machmud, terdakwa kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur saat jalani sidang di PN Tanjungpinang, Senin (15/4). Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Terdakwa Said Machmud, seorang oknum guru Sekolah Dasar (SD) divonis hakim dengan hukuman selama delapan tahun dan enam bulan penjara karena terbukti melakukan pencabulan pada dua siswinya yang masih di bawah umur.

Vonis pada terdakwa tersebut dibacakan majelis hakim yang dipimpin Eduard Sihaloho pada sidang yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, pada Senin (15/4).

Tidak hanya hukuman badan, terdakwa yang merupakan seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) ini juga dihukum membayar denda senilai Rp 50 juta subsider empat bulan kurungan.

Hakim menilai terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melanggar ketentuan Pasal 82 ayat jo pasal 76 E UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 64 KUHP.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan yang diajukan Jaksa R Ibrahim dari Kejari Bintan yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman selama sebelas tahun penjara.

Atas putusan tersebut, terdakwa mengatakan menerima, sementara jaksa mengatakan masih pikir-pikir.

Sebagaimana dalam dakwaan jaksa, kasus dugaan pencabulan ini sendiri terjadi beberapa waktu lalu di sebuah sekolah yang berada di Kabupaten Bintan.

Dugaan perbuatan asusila tersebut dilakukan terdakwa kepada dua muridnya berlangsung beberapa kali dalam rentang waktu sekitar pertengahan bulan Juli 2018 hingga pertengahan bulan November 2018.

Dugaan tindakan asusila tersebut mayoritas dilakukan terdakwa di ruang kelas, saat proses belajar mengajar tengah berlangsung. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *