Minggu , 18 November 2018
Home » Berita Foto » Curi Ikan di Laut Natuna, 2 WNA Vietnam Dihukum Denda Rp 400 juta

Curi Ikan di Laut Natuna, 2 WNA Vietnam Dihukum Denda Rp 400 juta

Vo Van Chong dan Nguyen Ngoc Tru, terdakwa kasus perikanan saat menjalani sidang. Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Pengadilan Perikanan pada Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang menyidangkan kasus pencurian ikan oleh kapal asing KM BV 93114 TS asal Vietnam, Kamis (1/11) lalu.

Sidang beragendakan pembacaan vonis dari majelis hakim dengan menghadirkan dua terdakwa Vo Van Cong dan Nguyen Ngoc Tru, dua Warga Negara Asing (WNA) asal Vietnam.

Vo Van Cong selaku Kepala Kamar Mesin (KKM) kapal, sedangkan Nguyen Ngoc Tru sebagai nakhoda kapal. Sidang dipimpin majelis hakim Acep Sopian Sauri. Sedangkan jaksa yakni Samuel dari Kejari Batam.

Dalam amar putusannya, hakim menghukum kedua terdakwa dengan hukuman masing-masing membayar denda senilai Rp 400 juta subsider empat bulan kurungan.

Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa masing-masing dengan hukuman denda senilai Rp 600 juta subsider enam bulan kurungan.

Hakim menilai kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang diatur dalam pasal 93 ayat (2) jo pasal 27 ayat (2) UU Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan jo pasal 55 KUHP.

Atas putusan tersebut, kedua terdakwa terlihat hanya bisa pasrah dan mengatakan menerima, begitu juga dengan jaksa menyampaikan hal yang sama.

Untuk diketahui, kapal KM BV 93114 TS yang dinakhodai Nguyen Ngoc Tru diamankan oleh Kapal Pengawas HIU 12 milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di perairan Natuna, (27/5/2018) lalu.

Kapal tersebut diamankan karena diduga melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal dan tidak dilengkapi dengan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) maupun dokumen-dokumen sah lainnya dari Pemerintah Indonesia. (Rindu Sianipar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *