Sabtu , 20 Juli 2019
Home » Berita Foto » Diskominfo Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Pra UKW Tahun 2019

Diskominfo Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Pra UKW Tahun 2019

Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Hj Sawiyah Nasution, Selasa (25/6).

Tebing Tinggi, sidaknews.com – Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Kota Tebing Tinggi melalui Bagian Humas PP menggelar kegiatan Sosialisasi Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Hj Sawiyah Nasution, Selasa (25/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM, Asisten Kamlan,  Kadis Kominfo Dedi Siagian, Kabag Humas A. Halim Purba, Kabag Kesra, Ketua PWI Sumatera Utara (Sumut) H Hermansyah SE, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya, Ketua PWI Tebing Tinggi Sani Hasibuan, Ketua KomNas-WI Tebing Tinggi Ridwan Siahaan dan para wartawan Pemerintah Kota (Pemko)  Tebing Tinggi sebagai peserta sosialisasi pra UKW.

Dalam sambutannya Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi mengingatkan bahwa wartawan adalah orang yang memberi warta atau kabar, kalau di Padang Propinsi Sumatera Barat dikatakan sebagai tukang kabah. Dalam penyajian berita, wartawan harus memenuhi unsur 5W+1H sehingga berita yang disajikan lebih detail.

UKW merupakan hal yang sudah sepatutnya dilaksanakan kepada para wartawan karena kegiatan ini untuk menambah ilmu. Saat ini, setiap kegiatan di bidang profesi seperti dokter, perawat, pengacara dan lainnya juga dilakukan Uji Kompetensi, untuk itu UKW ini sangatlah diperlukan oleh wartawan.

Begitu pula terkait semeriah apapun kegiatan yang dilaksanakan baik diluar maupun didalam negeri, terlebih khususnya kegiatan yang ada di Kota Tebing Tinggi tidak akan diketahui oleh masyarakat umum jika tidak ada yang mempublikasikannya,  imbuh Walikota.

Disebutkan Walikota bahwa saat ini pada Kantor Kementerian Dalam Negeri, semua wartawan yang berkunjung untuk konfirmasi kepada seorang pejabat harus menunjukkan bukti sertifikat atau Kartu UKW. Guna persaingan dan tuntutan tersebut, para wartawan diminta harus lulus dalam UKW sehingga dapat menjadi wartawan yang profesional.

“Semoga semua wartawan Tebing Tinggi yang mengikuti pra UKW hari ini, dapat lulus dalam UKW yang akan dilaksanakan di hari mendatang,” ungkap Walikota Umar Zunaidi.

Sebelumnya Kabag Humas PP Tebing Tinggi Abdul Halim Purba dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan pra UKW ini  bertujuan untuk memberikan informasi tentang kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki wartawan,  menjaga dan meningkatkan harkat profesi wartawan sebagai mitra kerja Pemko Tebing Tinggi serta menghasilkan wartawan yang kompeten untuk masyarakat Indonesia khususnya di Kota Tebing Tinggi.

Peserta kegiatan Sosialisasi pra UKW ini adalah semua wartawan unit Pemko Tebing Tinggi, dan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pembekalan tentang UKW kepada wartawan unit Pemko Tebing Tinggi agar dapat bekerja secara profesional sebagai mitra dari Pemko Tebing Tinggi untuk menginformasikan kinerja dan pembangunan yang dilakukan, selain itu kegiatan pra UKW ini juga dilaksanakan untuk menyambut HUT ke 102 Kota Tebing Tinggi, terang Kabag Humas.

Sementara Ketua PWI Sumut H Hermansyah SE sebagai narasumber memaparkan bahwa tingkatan UKW ada 3 tahapan yakni tingkat muda, madya dan utama, dan untuk UKW mendatang akan digelar UKW tingkat muda.

Dipaparkannya, bahwa wartawan kompeten adalah wartawan yang mampu memahami menerapkan etika dan hukum terkait pemberitaan yakni dengan mampu merencanakan/ mengusulkan tiga liputan dalam waktu 50 menit,  mengikuti rapat redaksi dengan membawa bahan rencana liputan, mempersiapkan diri menghadiri liputan terjadwal, mempersiapkan dan menghadiri wawancara khusus dan mempraktikan alat kerja, wawancara cegat (door stop) dan mempraktikan alat kerja, mampu menulis berita lurus sekitar 100 kata dalam 15 menit dengan memenuhi unsur 5W+1H, mampu menyunting berita sendiri, mampu menyiapkan isi rubrik dan mampu membangun jejaring/ data base narasumber minimal 20 orang, terang Ketua PWI Sumut.

Diakhir kegiatan sosialisasi, para peserta pra UKW diberikan waktu untuk sesi tanya jawab. (Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *