Sabtu , 25 Mei 2019
Home » Berita Foto » Divonis 1 Bulan 15 Hari, Wabup Paluta dan Istri Dieksekusi Jaksa

Divonis 1 Bulan 15 Hari, Wabup Paluta dan Istri Dieksekusi Jaksa

Wakil bupati paluta H.Hariro Harahap bersama istri Masdoripa Siregar yang merupakan Caleg DPRD Paluta saat diserahkan Ke Rutan Gunung Tua.

Paluta, sidaknews.com – Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan eksekusi terhadap Wakil Bupati Paluta H.Hariro Harahap yang divonis bersalah melakukan tindak pidana money politic (politik uang) pada Pemilu 2019 lalu.

“Kita sudah melakukan eksekusinya pada Kamis (16/5) malam,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Paluta melalui Kasi Intel Kejaksaan Negeri Paluta, Sutan Sinomba Parlaungan Harahap,SH, Jumat (17/5/2019).

Dikatakan Sutan, selain Hariro, secara bersamaan pihaknya juga melakukan eksekusi terhadap istri Wabup Paluta, Masdoripa Siregar yang juga salah satu Caleg Gerindra dan empat orang lagi yang juga terlibat dalam kasus ini.

Masdoripa dan lima orang lainnya juga divonis dengan hukuman yang sama dengan Wabup Paluta. Sutan mengutarakan, kasus ini juga sudah dinyatakan sudah berkekuatan hukum tetap (incrahct) dan berdasarkan penetapan oleh Pengadilan Negeri Padang Sidempuan dengan Nomor putusan :155/Pid.Sus/2019/PN.PSP dan Nomor:157/Pid.Sus/2019/PN.PSP tanggal 08 Mei tahun 2019.

“Pelaksanaan eksekusi dilaksanakan oleh tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Paluta, karena perkara ini sudah berkekuatan hukum tetap (Incrhact) dan kita telah resmi menyerahkan para terpidana tersebut ke rumah tahanan Gunung Tua untuk menjalani masa hukumannya,” terangnya lagi.

Sutan menambahkan, sesuai putusan pengadilan, Wabup Paluta dkk ini terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang diatur dalam pasal 523 ayat (1), (2) jo pasal 278 ayat (2) Undang – Undang RI Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

“Semua divonis hakim dengan hukuman masing-masing selama satu bulan dan lima belas hari dan denda sebesar Rp 5 juta subsidair satu bulan penjara,” jelas Sutan.

Sebagaimana diketahui, Tim Satgas Money Politic Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) mengamankan Wakil Bupati (Wabup) Padanglawas Utara (Paluta), Hariro Harahap bersama tiga belas orang lain yang diduga terkait politik uang menjelang Pemilu Serentak 2019, Senin (15/4/2019) dini hari lalu. (Febri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *