Rabu , 24 April 2019
Home » Berita Foto » Dorong Jiwa Berwirausaha, KMMK Adakan Pelatihan Ternak Kambing

Dorong Jiwa Berwirausaha, KMMK Adakan Pelatihan Ternak Kambing

Irham Bakti Pasaribu, Direktur KMMK Padangsidimpuan Tapanuli Selatan bersama peserta berfoto bersama. Foto: Sabar

Sidimpuan, sidaknews.com – Untuk meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan, Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Padangsidimpuan Tapanuli Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Ternak Kambing

Kegiatan yang mengangkat tema “Pemuda Harus Menjadi Pelopor Berwirausaha” akan dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu sampai Minggu tanggal 09-10 Februari 2019 di dua tempat berbeda yakni di Basecamp KMMK Padangsidimpuan dan Gunung Manaon Lingkungan III Pasar Pargarutan Angkola Timur Tapanuli Selatan.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber ahli ternak kambing, anggota Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) dari Kelompok Tani Ternak Bungaran Simalungun, Ahmad Safri dan Kasirin.

“Lima Aspek Penting dalam Beternak Kambing” bersama Abdul Hamid Damanik dengan materi “Semangat Berwirausaha menghadapi tantangan revolusi industri 4.0”.

Pantauan wartawan dalam kegiatan tersebut , Zulkifli Sormin selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan pelatihan ini menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi pemuda dalam hal berwirausaha sekaligus membuka usaha baru, yakni ternak kambing.

“Ini penting mendorong pemuda dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 untuk berfikir maju dan sebagai pelopor berwirausaha. Tidak bisa semua berfikir menjadi pegawai, karena untuk memajukan daerah secara khusus dan bangsa juga negara ini secara lebih luas pemuda harus berperan di semua lini kehidupan,” jelasnya di hadapan peserta .

Zulkifli juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, Dewan Pembina dan anggota KMMK, Nara Sumber, Tokoh masyarakat Naposo Nauli Bulung (NNB), khususnya NNB Gunung Manaon Angkola Timur dan pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini.

Sementara itu, Irham Bakti Pasaribu Direktur KMMK Padangsidimpuan Tapanuli Selatan menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk aksi nyata KMMK dalam hal komitmennya terhadap pembinaan dan pemberdayaan masyarakat khususnya pemuda.

Lebih lanjut Irham mengatakan bahwa seyogianya kegiatan ini merupakan bagian dari program KMMK dalam mengembangkan potensi Pemuda dan agar tercipta lapangan pekerjaan baru.

“KMMK berfikir bahwa untuk kondisi hari ini ekonomi mandiri dan kreatif lah solusi keterpurukan ekonomi kita dan juga dapat menghindarkan para pemuda kita dari godaan Narkotika dan kenakalan lainnya,” imbuhnya.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 30-an peserta dan dihadiri para dewan pembina dan anggota KMMK, Tokoh masyarakat Angkola Timur.

Seperti diketahui bahwa kegiatan dikemas untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan yang dipelopori oleh KMMK Padangsidimpuan /Tapanuli Selatan. (Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *