Sabtu , 20 Juli 2019
Home » Berita Foto » Empat Tersangka Kasus Politik Uang di Tanjungpinang Jalani Sidang Perdana

Empat Tersangka Kasus Politik Uang di Tanjungpinang Jalani Sidang Perdana

Sejumlah saksi yang hadir pada sidang kasus dugaan politik uang pada Pemilu 2019 dengan terdakwa Wahyu Budiyanto saat mengikuti sidang, Senin (17/6). Foto: Rindu Sianipar

Tanjungpinang, sidaknews.com – Empat tersangka kasus dugaan politik uang (money politic) pada Pemilu 2019 lalu akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Senin (17/6).

Keempat tersangka tersebut yakni masing-masing Wahyu Budiyanto, Agustinus Marpaung, Yusrizal dan M Apriyandy. Tiga tersangka adalah warga, sedangkan M Apriyandy adalah salah seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kota Tanjungpinang dari Partai Gerindra dengan Dapil Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Informasi yang dihimpun di lapangan, keempat tersangka menjalani sidang secara terpisah. Wahyu Budiyanto menjalani sidang untuk pertama kali.

Sidang Wahyu Budiyanto dilaksanakan tanpa kehadiran terdakwa (In absentia). Wahyu sendiri diduga “kaki tangan” dari R, salah satu Caleg dari Partai Garuda.

Ada enam saksi diperiksa dalam sidang yang dipimpin majelis hakim Sumedi ini, yakni dari pihak Bawaslu Tanjungpinang dan warga serta keterangan ahli. Para saksi memberikan keterangan di sidang, sedangkan keterangan ahli dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Hari ini, ada empat tersangka yang akan disidangkan dengan berkas perkara ada tiga,” ujar Kasipidum Kejari Tanjungpinang, Amriansyah di PN Tanjungpinang.

Amriansyah mengatakan, satu berkas perkara dugaan politik uang dengan tersangka bernama Warsono akan disidangkan pada Selasa (18/6) esok.

Setelah memeriksa seluruh saksi dan pembacaan keterangan ahli, sidang ditunda dan akan dilaksanakan esok dengan agenda pembacaan tuntutan dari JPU.

Sekadar diketahui, Polres Tanjungpinang menetapkan tujuh tersangka kasus dugaan politik uang pada Pemilu 2019. Untuk dua tersangka, yakni B dan R, dua Caleg dari Partai Garuda dihentikan kasusnya.

M Apriyandi, salah satu terdakwa kasus dugaan politik uang saat jalani sidang.

Sementara lima tersangka lainnya tetap diproses lebih lanjut hingga kasusnya bergulir ke Pengadilan. Kasus ini sebelumnya atas tiga laporan kasus dugaan politik uang ke Bawaslu Tanjungpinang saat masa tenang Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

Atas laporan itu, Bawaslu juga sudah melakukan penyidikan pada kasus ini sebelum melaporkannya secara resmi ke Polres Tanjungpinang.

Adapun sejumlah alat bukti yang disita dalam perkara ini berupa beberapa amplop berisi uang beserta identitas diri oknum caleg dan komunikasi melalui telepon seluler.

Sampai berita ini dilansir, M Apriyandi, salah satu terdakwa mendapat giliran berikutnya menjalani sidang. Sidang dipimpin majelis hakim Acep Sopian Sauri. Dalam sidang, M Apriyandi hadir. Ia didampingi kuasa hukumnya. Sidang masih berlangsung dengan pembacaan dakwaan dari JPU dan pembacaan eksepsi dari terdakwa. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *