Minggu , 18 November 2018
Home » Gallery » Musrembang Menjadi Media Interaktif Bagi Segenap Stakeholder

Musrembang Menjadi Media Interaktif Bagi Segenap Stakeholder

Tanjungpinang,(sidaknews) – Untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun angaran berikutnya, sebagai sarana membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.
Hal tersebut dikatakan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH saat memberikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kota Tanjungpinang tahun 2015, pada Senin (30/3) pagi di Hotel Aston Tanjungpinang.
Pembangunan daerah bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, mencapai keunggulan daya saing melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pengembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan tetap memperhatikan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah, tutur Lis.Melalui forum musrembang ini saya berharap terjadi kesamaan pandangan dan  harapan dari seluruh pelaku pembangunan dalam memadukan strategi, kebijakan, program dan kegiatan priorotas antara pemerintah pusat dan daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang selaras dengan visi kota Tanjungpinang
Musrembang Kota Tanjungpinang sangatlah penting dan strategis untuk dapat dijadikan forum bagi keikutsertaan masyarakat dalam merencanakan pembangunan di Kota Tanjungpinang, Provnsi Kepulauan Riau yang kita cintai. Sekaligus menjadi tonggak awal bagi kita untuk dapat melaksanakan konsep bottom up secara konsisten, tutur Wakil Gubernur DR. Soerya Respationo, SH, MH saat membuka pelaksanaa Musrembang Kota Tanjungpinang tahun 2015.

Harapan masyarakat inilah yang hendaknya menjad fokus perhatian kita dalam proses pelaksanaan kegiatan musrembang, serta dalam rangka upaya melaksanakan good government. yang dampaknya kalau memungkinkan dapat langsung menyentuh persoalan masyarakat dalam jangka pendek, menegah maupun panjang tutup Soerya.
Ketua panitia pelaksana yang dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris  BAPPEDA Kota Tanjungpinang Ir. Indriati menyampaiak tema dari musrembang tahun ini adalah Akselerasi Pengembangan Ekonomi Daerah Berbasis Potensi Unggulan yang Kualitatif, Komperatif dan Kompetitif Menuju Tanjungpinang yang Sejahtera, Berakhlak Mulia dan Berwawasan Lingkungan.

Adapaun maksud dan tujuannya adalah Memfasilitasi pertukaran informasi, pengembangan dan kesepakatan atas penanganan masalah pembangunan daerah, masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah serta pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut SKPD yang berhubungan dengan pembangunan, Mengidentifikasi dan membahas isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan dan pencapaian kesepakatan prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada tahun rencana, Optimalisasi pemanfaatan dana yang tersedia terhadap kebutuhan pembangunan.(Samiun/Is,Sn)