Senin , 15 Oktober 2018
Home » Gallery » Pelan Tapi Pasti Anambas Telah Terbuka dari Keterisoliran

Pelan Tapi Pasti Anambas Telah Terbuka dari Keterisoliran

Anambas, sidaknews.com – Sudah lebih dari lima tahun Bupati Drs T Muktharuddin  memimpin Kabupaten Kepulauan Anambas  (KKA) ternyata telah banyak membawa perubahan bagi masyarakat.

Diantaranya adalah mulai terbukanya keterisoliran wilayah Anambas dengan telah mulai lancarnya transportasi di daerah ini. Meningkatnya pelayanan kesehatan, membaiknya infrastruktur serta akses masyarakat, bertambahnya PAD dan lainnya.

“Alhamdulillah, pelan tapi pasti, Anambas telah terbuka dari keterisoliran dan pembangunan telah dilaksanakan,” jelas Tengku dalam sambutannya pada sidang paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Masa Jabatan (AMJ) di hadapan para Pimpinan dan Anggota DPRD Anambas serta para undangan yang hadir, Jumat (5/6) di Gedung kantor DPRD Anambas.

Selama lima tahun memimpin, kata Tengku, secara garis besar ada tiga bagian penting dalam penyampaian LKPJ AMJ. Yang pertama adalah memuat hal-hal yang berkaitan dengan visi dan misi dan prioritas pembangunan yang tertuang dalam dokumen RPJMD 2010-2015.
 
Bagian kedua, hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan keungan daerah tahun anggaran 2010 – 2015 serta bagian ketiga berkaitan dengan pencapaian kinerja penyelenggaran urusan wajib ataupun urusan piliha.

“Tiga bagian ini memuat AMJ pemerintah,”jelasnya.

Dijelaskan Tengku, dalam jangka waktu lima tahun kepemimpinannya, ia merencanakan target APBD sebesar RP 5,4 triliun dan sampai saat ini baru terealisasi sebesar 4,8 triliun atau sebesar 84,83 persen dari yang direncanakan atau ditargetkan.

Pendapata Asli Daerah (PAD) Anambas, lanjut Tengku, masih tergantung dari dana perimbangan berupa dana hasil pajak dana bagi hasil bukan pajak dana alokasi umum, dana Alokasi Khusus, serta dana penyesuaian.

“Dana perimbangan ini dari tahun ke tahun semakin meningkat terhadap pendapatan daerah,”jelasnya.

Dari tahun ke tahun juga, sambung Tengku, sejak tahun 2010 sampai 2015 pendapatan realisasi dana perimbangan sangat meningkat. Ini dibuktikan pada tahun 2010 realisasi dana perimbangan sebesar 96,43 persen, pada tahun 2011 sebesar 92,53 persen, 2012, sebesar 92,86 persen, tahun 2013 sebesar 93,29 persen, 2014 sebesar 90,31 persen, dan tahun 2015 sampai dengan april sebesar 87,65  persen.

“Kita sangat bergantung dengan dana perimbangan,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, Tengku juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian para anggota DPRD dan lainnya yang berkenan menyaksikan dan mencermati penyampaian AMJ.

“Terimakasih untuk semua pihak yang telah menghadiri AMJ Bupati tahun 2010-2015.

Pada acara tersebut dihadiri pimpinan dan anggota DPRD serta tokoh masyarakat, tokoh agama, seluruh kepala SKPD Anambas, perwakilan instansi vertikal Anambas dan undangan lainnya.(MRT)