Senin , 25 Maret 2019
Home » Berita Foto » Kangen Keluarga, Alasan Amizar Kabur Dari Rutan Tanjungpinang

Kangen Keluarga, Alasan Amizar Kabur Dari Rutan Tanjungpinang

Amizar alias Ami (38), tahanan titipan kejaksaan di Rutan Tanjungpinang yang sempat kabur dan berhasil ditangkap kembali saat dibawa petugas ke Mapolres Tanjungpinang. Foto: Rindu

Tanjungpinang, sidaknews.com – Amizar alias Ami (38), tahanan titipan kejaksaan mengatakan dirinya kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Tanjungpinang karena kangen dengan keluarganya.

Hal ini diketahui dari pemeriksaan awal yang dilakukan pihak Rutan kepada Amizar usai ditangkap kembali saat baru turun dari kapal di Pelabuhan Dumai beberapa hari lalu.

“Kalau sementara kita minta keterangan awal, dia kangen dengan anak dan istrinya,” kata Fonika Affandi, Kepala Rutan Tanjungpinang saat merilis secara resmi penangkapan tahanan tersebut, Senin (14/1) di Mapolres Tanjungpinang.

Fajar mengatakan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan dan pengadilan agar tahanan tersebut dapat segera disidangkan kembali.

Terkait sanksi apa yang akan diberikan pada tahanan titipan atas ulahnya tersebut, Fajar mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Kalau untuk sanksi administratif di Rutan, nanti kita lakukan pemeriksaan dulu, akan kita sidangkan TPP, layak atau tidak dia diberi sanksi. Yang pasti, dengan perbuatan dia melarikan diri ini sudah menyalahi aturan,” kata Fajar.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, usai kabur dari Rutan, tahanan tersebut selalu berpindah-pindah selama pelariannya.

“Selama masa pelariannnya, ia sempat mengunjungi keluarganya dan teman-temannya,” ujar Kapolres.

Ucok mengatakan, dari hasil penyelidikan, pada tanggal 10 Januari 2019 dini hari tahanan ini keluar dari wilayah Kota Tanjungpinang menuju Kota Batam melalui Tanjunguban.

“Kemudian, pada pagi keesokan harinya ia berangkat dari Batam menuju Dumai. Pas siangnya, ia diamankan oleh personil Polres Dumai, pas turun dari kapal,” kata Ucok.

Kapolres menyampaikan bahwa keberhasilan penangkapan tahanan yang kabur berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara Polres Tanjungpinang, Rutan Kelas I Tanjungpinang, Polres Dumai dan Rutan Dumai.

“Serta seluruh elemen masyarakat yang mendukung dalam memberikan informasi bagi pihak kepolisian,” kata Ucok. Sebagaimana diberitakan sebelumnnya, Amizar alias Ami (38), seorang tahanan titipan kejaksaan yang saat ini menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang kabur, Sabtu (22/12) lalu. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *