Sabtu , 20 Juli 2019
Home » Berita Foto » Kepri Terpilih Jadi Tuan Rumah “Sail Selat Karimata” 2016

Kepri Terpilih Jadi Tuan Rumah “Sail Selat Karimata” 2016

Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana.
Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana.

Tanjungpinang, sidaknews.com – Penyelenggaraan even Sail Selat Karimata tahun 2016 provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dipercaya kembali menjadi tuan rumah. Selain Kepri, Provinsi Kalimantan Barat juga menjadi tuan rumah untuk wilayah Timur, sedangkan Kepri di Wilayah Barat.

Terkait hal itu, penjabat Gubernur Agung Mulyana menggelar rapat bersama seluruh kepala SKPD dan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota, bertempat di aula kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang Senin (2/11). Dalam rapat, penjabat Gubernur mengatakan event nasional ini bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak target pariwisata Nasional dan khusunya target pariwisata di Kepri.

“Sebagai tuan rumah, kesempatan ini harus kita manfaatkan, terlebih lagi Mentri Pariwisata bergantung pada kita (Kepri) untuk pencapaian target nasional/pusat. Dan secara Nasional target diatas 10 ribu Wisman, sedangkan target Kepri 2,5 juta wisman,” terang Agung.

Masih dijelaskan Agung, ivent nasional ini anggarannya dari APBN, dan dirinya juga meminta satu bulan sebelum ivent ini berjalan, Kepri hendaknya dapat mensiasati dengan cara mencuri star dengan cara menggelar kegiatan Festival Bahari Kepri.

“Kegiatan ini pastinya akan menjadi nilai jual bagi Kepri dengan potensi-potensi bahari yang kita miliki,” ucap Agung.

Selain itu, permintaan Agung yang juga sudah disetujui Menpar RI terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Anambas. Bahkan untuk ini, di 2016 nanti Menpar akan mengnganggarkan di APBN. “Kita minta dukungan dari Pemerintah pusat untuk pengembangan event-even di Kepri, salah satunya festival Bahari Kepri dan Sail Selat Karimata ini,” kata Agung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti menjelaskan bahwa sejak Tahun 2009, Sail Selat Karimata 2016 nanti adalah yang ke-8 dan pertama kali diselenggarakan dengan nama Sail Bhunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Waktobi Belitong 2011, Sail Morotai 2012, Sail Komodo 2013, Sail Raja Ampat 2014, Sail Tomini 2015 dan rencananya Sail Karimata di 2016 nanti.

“Jika kita bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, Sail Karimata ini nanti akan menjadi yang terpanjang rutenya, dan banyaknya keikutsertaan Provinsi yang dilibatkan dan harus menjadi yang spektakuler/heboh tentunya,” singkatnya. (Reski)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *