Rabu , 26 Juni 2019
Home » Berita Foto » Kepsek SMK II Palembang: Ada Dugaan Pungutan Dalam PPDB di Sekolah Lain

Kepsek SMK II Palembang: Ada Dugaan Pungutan Dalam PPDB di Sekolah Lain

Zulkarnain, Kepala SMK Negeri 2 Palembang.

Palembang, sidaknews.com – Beberapa sekolah di Kota Palembang diduga melakukan pemungutan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) murid baru 2019. Tudingan ini disampaikan kepala sekolah SMK Negeri ll Palembang Zulkarnain saat dikonfirmasi, Selasa (11/6) di kantornya.

“Anda jangan tendensius memberitakan sekolah ini saja, ada juga sekolah di Palembang diduga memungut biaya saat menerima murid baru,” kata Zulkarnain saat dikonfirmasi terkait kabar dugaan pungutan dalam PPDB di sekolah yang dipimpinnya.

“Kalau anda mau, saya tunjukan sekolah yang juga mengenakan biaya itu?,” lanjut Zulkarnain enggan menyebutkan sekolah tersebut.

Zulkarnain berdalih dugaan pungutan yang dikenakan kepada siswa baru yang diterima di sekolah dikelola oleh koperasi. Biaya tersebut untuk sekitar 13 item, mulai baju seragam, olah raga muslim, celana, topi, dasi atribut, asuransi kartu perpustakaan dan pelajar serta test narkoba.

“Bukan sekolah yang menentukan,” katanya.

Zulkarnain menegaskan kembali jika dugaan pungutan tersebut dikelola oleh pihak koperasi. “Koperasi yang pegang, bukan sekolah,” kata Zulkarnain.

Untuk sekolah yang dipimpinnya, hari ini sekitar jam 10.00 (11/06) ratusan orang tua siswa dikumpulkan pihak sekolah yang langsung dipimpin Zulkarnain.

Zulkarnain juga membantah pihaknya memungut biaya untuk dana pembangunan sekolah di SMK Negeri 2 Palembang.

“Sekolah ngak ada memungutnya. Dana pembangunan itu ada yang urus. Sekolah tidak pernah beri izin, tapi sekolah sekedar koordinasi saja,” katanya.

Zulkarnain mengatakan, Tim Saber Pungli pusat juga pernah melakukan sidak ke sekolah yang dia pimpin, tapi tidak ada melarang pihak sekolah.

“Empat Tim Saber Pungli Pusat pernah sidak kesini, mereka malah kagum dengan bangunan dan fasilitas sekolah,” kata Zulkarnain ketika disinggung soal Perpres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. (Iskandar Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *