Selasa , 25 Juni 2019
Home » Berita Foto » Maksimalkan Hasil Panen, Serda Sigit Bersama Petani Observasi Perkembangan Padi

Maksimalkan Hasil Panen, Serda Sigit Bersama Petani Observasi Perkembangan Padi

Bersama petani, Babinsa ikut memasang jaring di area sawah.

Langsa, sidaknews.com – Serda Sigit Mulyono merupakan Babinsa Koramil 22/Langsa Barat yang sedang tampak di Sawah milik Suminah bersama salah satu warga binaannya melaksanakan pengecekan perkembangan padi yang berkisar + 3 minggu lagi panen, di desa Sungai Pauh Induk Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa, Selasa (07/05/2019).

Pelaksanaan pendampingan yang merupakan salah satu tugas pokok para babinsa bersama masyarakat yang bertani untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai target serapan gabah di wilayah Kecamatan Langsa Barat tahun 2019.

Babinsa sigit menyampaikan bahwa para Babinsa jajaran Kodim 0104/Aceh Timur akan terus berupaya mendampingi seluruh petani warga binaannya dalam menjalankan sistem bercocok tanam padi yang baik dan efektif telah di berikan melalui penyuluhan bersama tiga pilar desa.

Hal ini guna menyokong nilai serapan gabah secara maksimal demi kelancaran Swasembada Pangan yang merata di Kota Langsa khususnya dan di Provinsi Aceh umumnya, ungkap sigit.

Suminah yang merupakan salah satu kelompok tani binaan di Koramilnya yang memiliki lahan sawah 11 Rante tersebut kali ini diperkirakan mendapatkan hasil lumayan dari sebelumnya yang di tafsirkan akan mendapat 3,5 Ton.

Pasalnya iklim yang cukup mendukung di selingi panas dan hujan secara bergantian sehingga dapat membantu tanaman padi yang sedang membutuhkan pengisian dan pematangan isinya dengan maksimal, tinggal saja bekerja keras sedikit lagi untuk menjaga gangguan dari burung burung disekitar persawahan, terangnya.

Sigit berpesan pada petani Suminah untuk selalu melakukan pencegahan seperti burung dengan cara memasang jaring mengelilingi lahan tanaman padi miliknya, sehingga dapat mengurangi pergerakan burung untuk dapat masuk dengan mudah ke lahan tanam padi Suminah.

Sampai saat ini, tambah Sigit, belum ada hal yang menonjol maupun kendala besar dalam pendampingan petani dikarenakan pendampingan dilakukan secara rutin, bertahap dan bergantian ke seluruh petani binaan di wilayah Koramil 22/Lsb Kodim 0104/Atim sehingga kegiatan pendampingan berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara Danramil 22/Lsb mengatakan bahwa pendampingan yang dilaksanakan anggota Babinsa sesuai harapan dari pemerintahan karena Babinsa itu ditugaskan sebagai garda terdepan dari TNI-Angkatan Darat di Satuan Teritorial untuk memantau serta menjembatani segala apa yang terjadi ketika adanya kesulitan dari petani binaannya.

Selanjutnya, hal observasi tersebut kemudian dilaporkan kepada pimpinan secara hirarki dan bertingkat guna mendapatkan solusi yang terbaik, tutup Lettu Inf Supriyanto. (Rolly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *