Jumat , 22 Maret 2019
Home » Berita Foto » Menteri ATR/BPN Laksanakan Kunjungan Kerja ke Pidie

Menteri ATR/BPN Laksanakan Kunjungan Kerja ke Pidie

Sigli, sidaknews.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, DR. Sofyan A. Djalil, SH, MH, M. ALD melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pidie.

Ia beserta rombongan tiba di Pidie pada Rabu, (13/3) lalu. Saat tiba, rombongan disambut oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad dengan diiringi Shalawat dan Peusijuek.

Bupati menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN). Meski demikian, dia mengakui masih banyak warga belum memiliki sertifikat tanah.

Bupati juga mendesak agar tanah milik PT Kereta Api di Gampong Blok Sawah Sigli dapat dialihkan untuk Pembangunan Masjid Agung Al Falah. Dan itu langsunga direspon Menteri ATR yang berjanji akan segera memperjuangkannya.

“Persertifikatan tanah sangat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri, contoh dengan ada sertifikat merupakan dokumen negara yang sah, maka warga dapat mengajukan kredit di Bank dan mendapatkan pinjaman KUR dengan bunga rendah, ini akan berguna bagi masyarakat kecil atau yang memiliki UMKM dalam bisnis usahanya,” jelasnya.

Kegiatan silaturahmi dalam rangka penyerahan sertifikat tanah untuk sejumlah masyarakat di Kabupaten Pidie, Sofyan A Djalil di hadapan, unsur Forkopimda, Ulama dan para Keuchik, mengatakan, data menunjukkan masih cukup banyak tanah milik masyarakat belum disertifikatkan.

“Itu juga disebabkan persoalan internal dan eksternal masyarakat itu sendiri. Dicelah ini juga bisa muncul mafia tanah, yang coba menguasai atau menggagas untuk memiliki secara ilegal,” ungkap Sofyan Djalil.

Dalam kesempatan itu, ada juga pemberian sertifikat tanah secara gratis yang diberikan kepada sekitar 200 warga. Setelah dari Pidie, Menteri ATR RI dan rombongan direncanakan juga akan berkunjung ke Kabupaten Bireuen.(Hasballah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *