Rabu , 26 Juni 2019
Home » Berita Foto » “Monang” Tabagsel Kecam Aksi Anarkis pada Demo 22 Mei di Jakarta

“Monang” Tabagsel Kecam Aksi Anarkis pada Demo 22 Mei di Jakarta

Ketua Monang Tabagsel, Halomoan Harahap.

Sidimpuan, sidaknews.com – Muda mudi Tabagsel yang tergabung dalam “Monang” Tabagsel mengecam perusuh di luar peserta demo pada 22 Mei 2019 lalu.

Atas hal ini, “Monang” Tabgsel meminta kepada aparat penegak hukum untuk menyeret para pelaku maupun para aktor intelektual yang diduga terlibat dalam kerusuhan tersebut ke hadapan hukum.

Monang menilai, pihak kepolisian sudah bertindak sesuai dengan SOP dan UU yang berlaku di negara ini dalam mengamankan aksi 21-22 Mei 2019 di Jakarta tersebut.

Ketua Umum Monang Tabagsel, Halomoan Harahap menyatakan, pihaknya prihatin atas terjadinya kerusuhan di luar aksi 21-22 Mei yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat dalam menyikapi hasil Pemilu 2019.

“Seharusnya masyarakat kembali bersatu setelah proses pemilu telah usai dilaksanakan,” katanya.

Dia juga meminta agar pihak yang merasa keberatan dengan pengumuman hasil pemilu untuk menumpuh jalur hukum dan tidak melakukan aksi anarkis, apalagi sampai merusak fasilitas umum.

“Intinya, kita mengecam keras segala kerusuhan yang terjadi oleh para perusuh,” ujar Halomoan Harahap ketika ditemui di Posko Sekretariat Monang di jalam SM Raja Siborang, Padangsidimpuan, Jum’at (24/5/2019).

Pihak Muda Mudi Monang Tabagsel juga mendorong agar kerusuhan pada unjuk rasa pada 22 Mei segera diusut dan dituntaskan dan meminta agar Mahkamah Konstitusi (MK) dapat bertindak adil, jujur, profesional, dan independen.

Halomoan berharap, seluruh pihak masyarakat, khususnya para tokoh bangsa dan pejabat negara, juga dapat bersikap bijak dan cerdas. Yaitu, dengan tidak mengeluarkan berbagai pernyataan yang bisa membuat hangat situasi.

“Menciptakan suasana yang sejuk dan damai demi kerukunan dan persatuan nasional. Hendaknya dihindari pernyataan-pernyataan dan tindakan yang dapat memanaskan dan memperkeruh keadaan,” ujar Halomoan.

“Kami juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak keamanan baik itu TNI Polri yang sudah bersusah payah dan dengan segala kekuatannya yang telah berhasil menjaga situasi Republik Indonesia khususnya di ibu kota yang tetap aman dan tertib.

Mudah mudahan semua personil keamanan tetap diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menjaga keamanan sehingga tetap tercipta suasana yang kondusif,” katanya.

Halomoan juga mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya S.IK.M.H yang telah memberikan pengamanan dan pengayoman dalam penanganan unjuk rasa pada tanggal 22 Mei kemarin yang berlangsung di KPU dan DPRD Kota Padangsidimpuan.

“Sehingga semua elemen mahasiswa dan masyarakat merasa terfasilitasi untuk aspirasinya,” katanya. (Efendi/Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *