Minggu , 18 November 2018
Home » Berita Foto » Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Dana Desa Tahap II Tahun 2018, Diikuti 10 Pekon Kecamatan Pagelaran Utara

Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Dana Desa Tahap II Tahun 2018, Diikuti 10 Pekon Kecamatan Pagelaran Utara

Pringsewu, sidaknews.com – Inspetorat dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Pringsewu, melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) Administrasi Dana Desa serta Anggaran Dana Pekon Tahap 2, Sepuluh (10) pekon se kecamatan pagelaran utara, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Pagelaran Utara Pringsewu, Senin 29/10/18.pkl 09:00.wib.

Acara Langsung dibuka oleh sekretaris Kecamatan pagelaran Utara Drs Hartoyo MM, dalam sambutannya, Sekcam mengucapkan selamat datang kepada tim inspektorat PMD peserta Dinas PU yang akan melaksanakan Monitoring evaluasi di masing-masing Pekon di seluruh Kecamatan pagelaran Utara, dalam bentuk pembinaan tertib administrasi keuangan Desa Sekaligus Cek fisik pekerjaan Dana Desa tahap 2 (Dua) 2018. semoga saja dalam acara monitoring pembinaan tertib administrasi dana desa dan dana Pekon dapat terserap serta dapat menerapkannya. “harap sekcam”.

Monev dilaksanakan melalui kegiatan diskusi untuk mengetahui hambatan dan kesulitan pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa mulai dari perencanaan, penata usahaan dan pelaporan,kegiatan Monev yang langsung dilaksanakan ke Pemerintah Desa di pagelaran utara (pantura).

Selain itu, dikatakan juga bahwa kegiatan ini berbeda dengan kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh lembaga pengawasan pemerintahan seperti Inspektorat ataupun instasi plaksana lain. Tujuan utama dari Monev ini adalah melihat langsung kondisi di lapangan, mengumpulkan apa saja hambatan yang ditemui dalam pengelolaan Dana Desa untuk kemudian disusun sebagai laporan guna menyusun kebijakan selanjutnya yang lebih efektif dan efisien.

Hal tersebut disampaikan oleh TRI HARYONO selaku Kabid pembangunan dan pengembangan, dijelaskan oleh Tri Haryono, dengan diadakannya Monitoring evaluasi di kecamatan pagelaran Utara ini, juga bertujuan,demi tertib nya dalam pengelolaan keuangan pekon dan juga pengelolaan pekon, sehingga proses pelaksanaan sesuai dengan ketentuan dan pengelolaan tetap harus berlandaskan yaitu, transparansi, partisipasif, akuntabel, agar dapat bisa dipertanggungjawabkan.

Intinya bertujuan, agar masyarakat harus tahu melalui salah satunya, pemberitahuan informasi tentang pelaksanaan pembangunan baik itu dimulai dari perencanaan, hingga sampai Pada Kegiatan pelaksanaan.sehingga peran masyarakat pun bisa ikut serta berperan aktif sebagai pengawas/control, bertujuan agar masyarakat bisa tahu kegiatan pembangunan apa saja yang dilaksanakan oleh pekon yang dilaksanakan/di kerjakan melalui anggaran dana pemerintah baik itu Dana Desa ataupun Dana Pekon. dengan adanya pekerjaan yang transparansi maka masyarakat dapat melihat langsung perkembangan pelaksanaan pembangunan di pekon mereka masing-masing dapat jelas terlihat tanpa harus ada yang ditutup-tutupi.”jelas Haryono”

Turut hadir dalam pelaksanaan, tim dinas PU beserta rombongan, tim PMD beserta rombongan, tim inspektorat beserta rombongan, kepala Pekon Kecamatan pagelaran Utara beserta yang mewakili, seluruh perangkat pekon se Kecamatan pagelaran Utara yang berkepentingan. (Davit,S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *