Sabtu , 20 Juli 2019
Home » Berita Foto » Nelayan Harap Alur Pangkalan Pendaratan Ikan di Meureudu Diperhatikan

Nelayan Harap Alur Pangkalan Pendaratan Ikan di Meureudu Diperhatikan

Kawasan PPI Meureudu, Kabupaten Pijay.

Meureudu, sidaknews.com – Fasilitas Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) dikeluhkan nelayan karena alur di areal pangkalan tersebut diduga mereka masih cukup dangkal.

Hal ini membuat sejumlah kapal ikan yang bersandar di sana terkadang tidak bisa merapat ke pangkalan untuk membongkar hasil tangkapan ikan, khususnya saat air laut di sana dalam keadaan surut.

“Kapal kita kadang tidak dapat merapat, ini karena persoalan alur di pelabuhan ini yang masih dangkal,” ujar seorang nelayan yang enggan namanya ini disebutkan, Rabu (10/7/2019) saat ditemui di PPI Meureudu.

Karena kapal tidak bisa merapat, lanjut dia, terutama saat air laut sedang surut sehingga untuk melakukan pembongkaran hasil tangkapan ikan, mereka terpaksa menyewa boat tempel lain.

“Terutama saat air surut, kita tidak bisa merapat mendaratkan ikan. Jadi kita harus membayar biaya angkut oleh boat tempel lain,” katanya.

“Kita selaku anak buah kapal, tentu ingin mendapatkan hasil laut yang maksimal. Setelah kembali dari laut dan hendak mendarat di PPI ini tidak seperti yang kita harapkan, hasil yang merupakan hak kita, harus dipotong sekian persen lagi karena kapal tidak dapat merapat ke pelabuhan,” ujar seorang ABK ini mengeluh.

Atas hal ini, sambung dia, dirinya mengharapkan agar pemerintah memberikan perhatian kepada fasilitas PPI tersebut, khususnya terkait alur yang berada di pelabuhan.

“Kita minta pemerintah untuk memperhatikan ini, karena kami para ABK, pendapatan sangat kecil, apalagi harus membayar persen itu tadi. Jika kami menunggu air pasang, tentu lama, bisa capai 4-5 jam lagi sedangkan kami sudah di laut berhari hari, tentu kita ingin bertemu keluarga sembari membawa rezeki dari laut,” pungkasnya. (Hasballah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *