Selasa , 25 Juni 2019
Home » Daerah » Babel » Objek Wisata Alam Eco Park Sungailiat Salah Satu Incaran Wisatawan

Objek Wisata Alam Eco Park Sungailiat Salah Satu Incaran Wisatawan

Sungailiat, sidaknews.com – Bangka Belitung tidak hanya terkenal dengan keindahan alam pantainya, namun juga pemandangan wisata alam lainnya salah satunya adalah Eco Park Sungailiat yang kini menjadi incaran para wisatawan baik dalam maupun luar kota.

Berdasarkan pantauan sidaknews.com saat berkunjung ke sana Kamis, (7/2/2019) terlihat wisata alama Eco Park Sungailiat yang terletak di bawah kaki bukit menyuguhkan pemandangan serta udara yang sangat sejuk khas suasana hutan dan perkebunan.

Wisata Eco Park ini terletak di Jl Teuku Umar Kawasan Dusun Lubuk Kelik  Desa Air Ruay Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Propinsi Bangka Belitung yang berjarak hanya 20 menit perjalanan dari pusat Kota Sungailiat.

Teguh, selaku manajemen pengelola Eco Park kepada awak media mengatakan jika Eco Park Sungailiat merupakan wisata alam yang merupakan bekas lahan penambangan pasir timah sehingga masih terlihat lubang-lubang yang telah ditinggalkan dan terisi air yang jernih dan ditumbuhi tanaman hijau sehingga menambah keindahannya.

“Pemandangan ini sangat cocok bagi kamu yang senang berfoto dan menghabiskan waktu akhir pekan dan sisa-sisa liburan bersama teman dan keluarga. Tempat ini baru beroperasi sekitar 6 bulan yang lalu dan sangat ramai dikunjungi pada hari – hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu,” katanya.

“Tempat ini milik pribadi yang dulunya adalah bekas tambang galian timah dan banyak lubang – lubang yang digenangi air, artinya dulu bekas tambang sekarang disulap jadi tempat seperti ini. Biasanya sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah pada hari-hari libur seperti sabtu dan minggu”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Teguh, selain itu, di tempat wisata tersebut kita juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan perbukitan yang sangat luas dan hijaunya tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

Untuk masuk ke wisata alam Eco Park ini, pengunjung cukup membayar karcis masuk dengan harga yang sangat murah yaitu Rp.10 ribu per orang yang dapat ditukar dengan minuman yang telah disedikan di dalamnya seperti wahana spot-spot berfoto, serta pengunjung juga dapat memetik sayuran sendiri hasil perkebunan yang telah ditamani di sekitarnya seperti sawi, bayam dan kangkung.

“Selain itu juga Eco Park Sungailiat juga menjual souvenir khas Bangka seperti baju, gantungan kunci dan lain-lain serta makanan ringan khas Bangka di sana dalam kemasan menarik serta harga  terjangkau bagi pengunjung dan sekarang lagi dibangun seperti warung yang mana akan difungsikan untuk menjual makanan/kuliner khas bangka,” pungkasnya.

Silvi salah satu pengunjung dari Kota Pangkalpinang tampak sedang asik berfoto bersama keluarganya di salah satu wahana foto di Eco Park.

Kepada sidaknews.com, ia memberi tanggapan. Menurutnya, tempat wisata tersebut sangat bagus dan unik untuk dikunjungi karena terkesan sangat asri dan sangat berbeda dari tempat wisata lainnya.

Tempat tersebut juga sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, selain wisata pantai dan biaya masuknya pun sangat murah meriah.

“Sangat bagus mas dan unik untuk dikunjungi karena terkesan sangat asri dan sangat berbeda dari tempat wisata lainnya dan sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga selain wisata pantai dan biaya masuknya pun sangat murah meriah,” terangnya.

Silvi pun sedikit mengeluhkan akses masuk ke lokasi wisata tersebut karena agak sangat sulit dijangkau karena kurangnya petunjuk arah untuk menuju tempat tersebut.

Selain itu, ia juga mengeluhkan akses masuknya apabila hujan sangat becek serta kotor dan sangat berharap kepada pengelola agar segera dibenahi dua hal tersebut.

“Kami berharap kepada pengelola tempat ini agar memberi lebih banyak lagi petunjuk untuk menuju ke tempat ini mas, soalnya kami dari Pangkalpinang untuk menuju tempat ini harus bertanya sampai 3 kali sama orang.

Dan kita coba mengikuti arah Map di google tapi tidak akurat, malah nyasar kemana mana dan satu lagi mas, tolong akses masuk menuju ke sini diperbaiki lagi, soalnya kalau hujan sangat becek dan kotor karena masih tanah kuning,” harapnya.

Dengan hadirnya wisata alam Eco Park Sungailiat ini menjadi wisata alternatif lainnya selain wisata pantai sehingga wisatawan baik dalam maupun luar kota dapat memilih wisata mana yang ingin dikunjungi untuk menghabiskan waktu-waktu berkualitas bersama keluarga. (Fji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *