Sabtu , 25 Mei 2019
Home » Berita Foto » Pakaian Adat Pernikahan Kahiyang dan Bobby Berasal dari Sipirok

Pakaian Adat Pernikahan Kahiyang dan Bobby Berasal dari Sipirok

Pakaian adat pernikahan Kahiyang-Bobby yang bermotif dengan warna coklat, hitam dan merah maron dan pakaian adat Tapanuli Selatan.

Sipirok, sidaknews.com – Pesta adat dan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo Kahiyang-Bobby Nasution yang akan di gelar di Medan, Sumatera Utara, sejumlah persiapan Acara pesta adat tersebut dilakukan dan Panitia pun dibuat super sibuk.

Salah satunya Adalah baju kedua mempelai beserta keluarga besar Presiden Joko Widodo dalam acara pergelaran pesta adat Tapanuli Selatan yang akan dilaksanakan pada 24-25 November 2017 di Medan Sumatera Utara.

Tentu Proses pembuatan baju dilakukan secara manual dengan menggunakan alat tradisional gedokkan, oleh seorang ibu rumah tangga pengrajin songket di Sipirok,Tapanuli Selatan.

Akhirnya Wartawan berhasil menemui Penenun baju adat Kahiyang-Bobby dan keluarga besar Presiden Joko Widodo di daerah Desa Silangge, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dan pembuatannya cukup unik, butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikan songket yang merupakkan pakaian adat khas Tapanuli Selatan.

Bermodalkan alat tradisonal gedokkan. Bahan baku benang sutera dianyam oleh pengrajin untuk menjadi sebuah bahan baku baju adat pengantin Kahiyang-Bobby.

Burhalimah Ritongga Kepada Wartawan, Jumat (17/11) mengatakan perlu waktu yang lama untuk mengerjakan bahan songket untuk pernikahan Kahiyang dan Bobby.

Karena Pengerjaanya pun hanya menganyam benang-benang sutera dengan gedokkan secara manual.

“proses pembuatan Baju Kahiyang dan Bobby ini perlu waktu sekitar dua bulan,” ujar ibu pengrajin songket di Tapanuli Selatan.

Sementara untuk Penggelola pakaian adat Tapanuli Selatan, Advenius Ritongga mengatakan, menjelang pesta adat Tapanuli Selatan dalam resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, dirinya dipercaya keluarga besar bobby untuk membuat pakaian adat Tapanuli Selatan untuk Kahiyang dan Bobby beserta keluarga besar Presiden Joko Widodo? Pakaian adat yang akan digunakan kedua mempelai Kahiyang-Bobby beserta keluarga besar Presiden Joko Widodo ada tiga motif dengan warna coklat, hitam dan merah maron. Sedangkan pakaian adat Tapanuli Selatan hanya berwarna hitam dan merah maron.terangnya. (sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *