Kamis , 27 Juni 2019
Home » Berita Foto » Pasca Kandas, Kapal Muatan Logistik Pemilu 2019 Belum Berhasil Ditarik

Pasca Kandas, Kapal Muatan Logistik Pemilu 2019 Belum Berhasil Ditarik

Suasana di atas kapal Bayu Permata pasca kandas di Perairan Pulau Rusa, Kabupaten Bintan, Jumat (29/3) malam lalu. Foto: Basarnas Tanjungpinang.

Tanjungpinang, sidaknews.com – Kapal Bayu Permata rute Tanjungpinang-Ranai Natuna bermuatan logistik Pemilu tahun 2019 yang kandas di Perairan Pulau Rusa, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Jumat (29/3) malam lalu masih berada di lokasi kejadian.

“Kapal Bayu Permata sampai saat ini masih di posisi semalam, belum berhasil untuk ditarik,” kata Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Eko Suprianto dalam rilis tertulisnya melalui WhatsApp kepada wartawan, Sabtu (30/3) malam.

Dikatakan Eko, sejak kandas, di kapal tersebut dilakukan pemindahan barang logistik Pemilu maupun barang lainnya seperti semen, besi, sepeda motor dan barang lainnya.

“Sejak Jumat dari pagi sampai sekarang masih melaksanakan pemindahan barang,” katanya.

Pemindahan barang dari kapal tersebut ke Kapal Kawai Ranai 1 dilakukan untuk mengurangi beban agar kapal tersebut bisa ditarik dari lokasi.

“Setelah pemindahan selesai akan dicoba lagi untuk ditarik. Saat pasang tinggi,” kata Eko.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kapal Bayu Permata rute Tanjungpinang- Ranai Natuna yang bermuatan logistik Pemilu tahun 2019 kandas di Perairan Pulau Rusa, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Eko mengatakan, informasi kandasnya kapal tersebut diterima pihaknya dari Polair Kijang, Kabupaten Bintan.

Setelah menerima info, lanjut dia, pihaknya langsung menggerakan kapal bantuan KN Bhisma untuk menuju lokasi kejadian dan melaksanakan koordinasi dan pemantauan terhadap kapal tersebut.

“Selanjutnya logistik Pemilu tahun 2019 dipindahkan ke kapal Kawai Ranai 1 dan akan dibawa ke Ranai. Sementara, kapal Bayu Permata yang kandas akan kembali ke Tanjungpinang untuk doking pemeriksaan,” kata Eko.

Dijelaskan Eko, atas informasi tersebut, Sat Intelkam Polres Bintan dan Unit Intelkam Polsek Bintan beserta Sat Pol Air Polres Bintan mendatangi TKP dan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan (pulbaket) terhadap saksi-saksi.

Hasil pulbaket sementara kepolisian, pihak ekspedisi CV. Anton Natuna menitipkan surat yang berisi Formulir C2, C7, Formulir Model DAA.1 dan Formulir Model DA.1 Kabupaten Natuna ke Kapal Bayu Permata sebanyak 26 koli.

Sedangkan kronologis kejadian kandasnya kapal adalah pihak ekspedisi CV. Anton Natuna menitipkan kepada saksi pertama terhadap logistik Pemilu Tahun 2019 milik Kabupaten Natuna untuk diserahkan di KPU Kabupaten Natuna.

“Pada saat Mualim 1 Kapal Bayu Permata dan juru mudi melewati perairan Pulau Rusa Kecamatan Bintan Timur, tiba-tiba kapal tersebut hilang kendali sehingga mengakibatkan kandas,” demikian dikatakan Eko meneruskan hasil pulbaket sementara pihak kepolisian tersebut. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *