Sabtu , 16 Februari 2019
Home » Berita Foto » Pelajar MAN Sipange Ikuti Wasbang Yang Digelar Babinsa

Pelajar MAN Sipange Ikuti Wasbang Yang Digelar Babinsa

Babinsa Koramil 11/BA saat memberikan materi Wasbang kapada Pelajar MAN Sipange dalam rangka kegiatan baris berbaris, Selasa (12/2).

Tapsel, sidaknews.com – Batituud Koramil 11/BA dan Babinsa memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dalam rangka kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) di sekolah MAN Sipange, di Desa Sipange, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapsel, Selasa (12/02/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat yang berada di wilayah binaanya.

“Para babinsa juga memberikan materi kedisipinan, wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris,” jelas Sertu AH Batubara mewakili Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto.

AH Batubara juga menjelaskan kegiatan ini dilakukan untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

“Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar ke depan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju,” ungkapnya.

Menurut dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” ujarnya.

Diakhir penyampaiannya, AH Batubara dalam memberikan wawasan kebangsaan, menjelaskan bagaimana perjuangan para pejuang yang sudah mempertahankan keutuhan NKRI dengan mengorbankan jiwa dan raganya, menjaga kekompakan dengan tidak saling membeda-bedakan sehingga terjadi permusuhan, perpecahan di antara kita kemudian musuh dengan gampang merebut Indonesia, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN Sipange, Toharuddin Harahap mengatakan bahwa dengan adanya program kegiatan seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah terutama untuk pelatihan disiplin para siswa.

“Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan TNI terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak TNI,”terangnya.

Disamping membantu kegiatan pelatihan PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa, lanjut dia, kegiatan ini juga sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kegiatan yang bertujuan untuk membina disiplin dan jiwa korsa sesama pelajar di kawasan ini berjalan dengan aman. (Sabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *