Minggu , 18 November 2018
Home » Berita Foto » Pemko Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Birokrat

Pemko Tebing Tinggi Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Birokrat

Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan diwakili Wakil Walikota H Oki Doni Siregar membuka resmi Sosialisasi Pendidikan Politik Birokrat di lingkungan Pemko Tebing Tinggi.

Tebing Tinggi, sidaknews.com – Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan diwakili Wakil Walikota H Oki Doni Siregar membuka resmi Sosialisasi Pendidikan Politik Birokrat dalam rangka mewujudkan pemilu 2019 damai, demokratis dan bermartabat, Kamis (8/11) di gedung Hj Sawiyah Jalan.Sutomo Tebing Tinggi.

Oki Doni Siregar mewakili Walikota Tebing Tinggi mengatakan, pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, transparan dan akuntabel.

“Melalui pemilu ini kita dapat menseleksi calon pemimpin di berbagai level yang pada Pemilu 2019 nanti kita akan memilih anggota DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Presiden/Wakil Presiden,” terangnya.

Oki juga menjelaskan bahwa pemilu di Kota Tebing Tinggi akan diikuti 306 orang calon legislative dari 15 parpol yang lolos verifikasi di kota Tebing Tinggi, terdiri dari 3 daerah pemilihan (dapil), yaitu Dapil 1 Kecamatan Padang Hilir dan Tebing Tinggi Kota memperebutkan 9 Kursi, Dapil 2 Kecamatan Padang Hulu dan Bajenis 10 kursi, dan Dapil 3 Kecamatan Rambutan memperebutkan 6 kursi, sedangkan DPT Pemilu 2019 berjumlah 107.351 orang pemilih.

“Kita tahu bahwa dalam pemilu sering timbul permasalahan, dimana potensi partisipasi masyarakat yang kurang, potensi kesalahan dalam penghitungan, adalanya pemilih yang belum terdaftar, adanya ASN tidak bersikap netral dan adanya politisisasi sara,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan yang mungkin bakal timbul, Oki menghimbau agar seluruh ASN berperan aktif dan mengajak masyarakat yang terdaftar di DPT untuk menggunakan hak suaranya. “Jangan hanya memilih calon DPRD Tebing Tinggi dan Presiden/Wakil Presiden saja, tetapi juga calon DPR-RI, DPD dan DPRD Provinsi,” imbuhnya.

Kepada aparatur Sipil Negera (ASN), Oki mengharapkan dengan segala kewenangannya agar membantu petugas seoptimal mungkin yang terkait dengan kepemiluan. “Kepada seluruh peserta yang hadir, mari kita jaga iklim yang kondusif ini sehingga dapat terwujudnya Pemilu 2019 yang damai, demokratis dan bermartabat,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, narasumber Ketua KPU Tebing Tinggi diwakili, Kakan Kemenag Tebing Tinggi HM Hasbie, Kepala Badan Kesbangpol Linmas Amas Muda dan para ASN sejajaran Kota Tebing Tinggi. (Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *