Rabu , 22 Mei 2019
Home » Berita Foto » Plt Bupati Labuhanbatu Buka Musrenbang Kabupaten

Plt Bupati Labuhanbatu Buka Musrenbang Kabupaten

Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu.

Labuhanbatu, sidaknews.com – Plt Bupati Labuhanbatu H.Andi Suheimi Dalimunthe  ST.MT secara resmi membuka Musrenbang tahun 2019 yang dilaksanakan di ruang data dan karya gedung Pemkab Labuhanbatu, Kamis (14/3/2019) pagi.

Kegiatan ini menindaklanjuti Peraturan Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian.

Dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PEPD) serta Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (RPD) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (P-RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Andi Suhaimi menyatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu tahun 2019 ini adalah merupakan forum bersama antar pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk 1 (satu) tahun kedepan yaitu tahun 2020.

Dan merupakan pelaksanaan serta penjabaran dari Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Nomor 4 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021.

Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang telah ditetapkan dalam Perda RPJM Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021,  salah satu dari misi tersebut adalah menciptakan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menguasai dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang mempunyai integritas.

“Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan
dilandasi akhlak mulia sebagai kunci untuk keberhasilan pelaksanaan program yang mandiri guna membentuk karakter masyarakat Labuhanbatu yang mempunyai ciri khas berbudaya, ramah, santun,dan beretika,” katanya.

Dengan tema Musrenbang-RKPD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020 ini adalah “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Untuk Percepatan Pembangunan Tahun 2020” yang dilaksanakan dari Tanggal 14-15 Maret 2019 di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu.

Plt. Bupati Labuhanbatu juga  menjelaskan bahwa dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020, dijabarkan beberapa isu strategis pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian saat ini.

Antara lain, Peningkatan Kesehatan, Gizi dan Jaminan Kesehatan Masyarakat, Peningkatan Standarisasi Kualitas dan Mutu pendidikan, Peningkatan SDM guna mendukung E-Government, Penguatan Kinerja Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui peningkatan disiplin dan kapasitas aparatur.

Kemudian, peningkatan efektivitas masyarakat dan percepatan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu, peningkatan kontribusi sektor pertanian, perkebunan, perikanan, pengembangan industri dan ekonomi kreatif serta industri kecil menengah dan UKM untuk meningkatkan daya saing daerah.

Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu dalam agenda yang sangat penting ini, menyampaikan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun dan memilah program dan kegiatan prioritas sesuai dengan urusan bidang masing-masing untuk disinkronkan dengan kemampuan pembiayaan yang bersumber dari dana PAD Labuhanbatu, APBD Propinsi Sumatera Utara, Bantuan Keuangan Propinsi Sumatera Utara (BKP) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kemudian, bermohon kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Pusat, kiranya Hasil Forum Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 ini dapat dibawakan serta direalisasikan dalam Forum Musrenbang Propinsi Sumatera Utara dan Musrenbang Nasional sehingga Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 dapat terlaksana mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda RPJM Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021.

“Kepada seluruh Peserta Musrenbang Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, saya ucapkan selamat bekerja dan selamat berinovasi,” katanya. (Dody)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *