Rabu , 26 Juni 2019
Home » Berita Foto » Puluhan Rumah Diterjang Angin Puting Beliung

Puluhan Rumah Diterjang Angin Puting Beliung

Begini kondisi salah satu rumah usai diterjang angin puting beliung di Karawang, Jumat (11/1) sore.

Karawang, sidaknews.com – Sedikitnya ada 31 unit rumah tercatat dalam kondisi rusak parah. Rusaknya rumah-rumah tersebut akibat amukan angin puting beliung yang terjadi pada Jumat, (11/1/2019) sekitar pukul 11.30 Wib.

Sebanyak 31 unit rumah yang mengalami kerusakan tersebar di dua dusun, yakni Dusun Kopo RT 008/004 sebanyak 21 rumah, sedangkan di Dusun Tegaljaya RT 005/005 Desa Mukti jaya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang, Jawa Barat sebanyak 10 rumah.

Samsudin salah satu warga mengatakan, kejadian angin puting beliung pada saat jamaah hendak menjalankan ibadah sholat Jumat. Warga kaget dengan suara gemuruh dan tiba tiba memporak porandakan rumah milik warga.

“Kami sangat kaget, dan warga ketakutan. Alhamdulilah, mudah mudah tidak sampai ada korban jiwa. Terus terang kami panik, karena sebelumnya di tahun 2014 lalu juga hal serupa pernah terjadi,“ katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Muktijaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Sawa mengatakan akibat kejadian tersebut rumah milik warga dalam kondisi rusak,dari 31 rumah kondisinya rusak ringan dan parah.

Menurut dia, akibat kejadian tersebut pihaknya belum bisa mengkakulasikan berapa kerugian warga akibat rumahnya rusak diterjang angin puting beliung.

”Kemungkinan ratusan juta, beruntung  tidak sampai ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar dia.

Sejumlah rumah yang terdampak angin puting beliung di sebuah komplek Perumahan di Kabupaten Bandung, Jumat (11/1) sore.

Warga yang mengalami luka akibat terkena reruntuhan puing rumah langsung dievakuasi ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Selain ke Puskesmas, warga juga dievakuasi di klinik klinik di wilayah itu.

Sedangkan kakek Malik ( 70) warga Dusun Kopo RT 008/004 yang terkena puing reruntuhan mengaku kaget dengan kejadian angin puting beliung yang begitu cepat terjadi. Rumahnya rusak akibat diterjang angin puting beliung.

“Trauma, dulu juga pernah terjadi. Angin kencang disertai hujan merusak rumah warga, “ungkapnya.

Salah satu sudut Pasar Gedebage pada Jumat (11/1) sore.

Tidak hanya di Karawang, sejumlah rumah juga rusak akibat diterjang angin puting beliung di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung pada Jumat (11/1) sore.

“Angin puting beliung tersebut terjadi di Kampung Jati Sari, Kampung Papanggungan dan Kampung Babakan Linggar Jadi Baru,” ujar Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol.Trunoyudo Wisnu Andiko dalam siaran persnya.

Truno mengatakan, hingga saat ini, pihak terkait masih melakukan pendataan di lapangan pada rumah yang terdampak angin puting beliung tersebut.”Untuk data rumah milik warga masyarakat, sampai saat ini belum dapat didata dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ujar Truno.

Pantauan di lapangan, hujan disertai angin kencang juga melanda sejumlah wilayah di Kota Bandung. Hal ini juga membuat sejumlah ruas jalan di Pasar Gedebage, Bandung juga teredam banjir.(Rudi/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *