Rabu , 26 Juni 2019
Home » Berita Foto » Rektor IAIN Langsa: Bulan Syawal Adalah Bulan Silaturahmi

Rektor IAIN Langsa: Bulan Syawal Adalah Bulan Silaturahmi

Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA (tengah) gelar foto bersama.

Langsa, sidaknews.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Basri Ibrahim, MA menyebutkan bahwa bulan Syawal merupakan bulan silaturahmi.

Hal itu diutarakannya saat memberikan sambutan pada acara halal bi halal keluarga besar IAIN Langsa yang dilaksanakan di Gedung Laboratorium Terpadu, Rabu (12/06/2019).

“Bulan Syawal merupakan bulan silaturahmi, acara halal bi halal ini salah satu bentuk silaturahmi yang kita lakukan,” imbuh Rektor.

Dijelaskannya, halal bi halal merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh berbagai instansi Pemerintah untuk saling bermaaf-maafan dengan penuh kehangatan, kekompakan dan kebahagiaan.

“Orang-orang yang memaafkan dekat dengan taqwa dan orang yang beriman kepada Allah dianjurkan untuk silaturahmi,” sebut Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H seraya menyampaikan mohon maaf lahir dan batin, semoga kita terus memiliki semangat baru untuk mengembangkan kemajuan pendidikan di Kota Langsa.

Sementara itu, Ketua MPU kota Langsa Dr. Zulkarnain, MA dalam taushiyahnya mengatakan, apabila berada di hari Raya Idul Fitri maka dianjurkan untuk mengucapkan taqabbalalluhu mina wa minnkum, semoga Allah menerima amal ibadah.

Umat Islam harus bersyukur karena setelah masuk bulan syawal maka sudah menjadi hamba yang dibebaskan dari api neraka. “Bagi Allah, setiap orang yang berbuka puasa ada kebebasan hamba-hambaNya dari api neraka,” ujarnya.

Dosen IAIN Langsa ini juga menyebutkan, ada empat golongan yang tidak mendapatkan ampunan di malam lailatul qadar yaitu orang mabuk (minum khamar, narkoba), anak yang durhaka kepada kedua orang tua, orang yang suka bertengkar, dan orang yang memutus ikatan tali silaturahmi.

Bagi orang yang menjalin dan menjaga silaturahmi, lanjutnya, maka Rasul menjamin umatnya menjadi bagian dari tetangga Rasul, Rasul juga menjadi penolong, mendapat syafaat di yaumil qiyamah.

“Orang yang menjalin dan menjaga silaturahmi berarti Rasul menganggap kita menjadi mitra, rekan layaknya sahabat-sahabatnya terdahulu,” terangnya.

Halal Bi Halal yang mengusung tema “mempererat tali silaturahmi, memperteguh kebersamaan menuju IAIN unggul” ini turut dihadiri oleh Kapolres Langsa, Kasdim 0104/Atim, perwakilan Kejaksaan Negeri Langsa, Kadis Pendidikan Kota Langsa, pimpinan Perbankan, Humas Universitas Samudra dan undangan lainnya. (Rolly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *