Selasa , 25 Juni 2019
Home » Berita Foto » Remaja Penderita Penyakit Komplikasi, Ini Kata RSUD Gunung Tua

Remaja Penderita Penyakit Komplikasi, Ini Kata RSUD Gunung Tua

Ahmad Dahlan Piliang (14) saat dirawat di RSUD Gunung Tua. Foto: Dok

Paluta, sidaknews.com – Kondisi yang dialami Ahmad Dahlan Piliang (14) saat ini memprihatinkan. Ia hanya bisa terbaring di ruang ICU RSUD Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) karena menderita penyakit komplikasi paru TBC dan peradangan yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang.

Putra pasangan Abdul Aris Piliang dan Nurita boru Harahap, warga Desa Gunung Manaon , Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara ini terlihat tidak berdaya, ia dijejali alat bantu pernapasan dan alat deteksi jantung kala dirawat medis.

Ahmad yang terlahir dari orangtua yang masuk dalam warga kurang mampu itu hanya mengandalkan biaya pengobatan yang ditanggung BPJS kesehatan .

Saat ini, tim Dokter RSUD Gunung Tua melakukan pengobatan secara maksimal untuk kesembuhan Ahmad. Kondisinya menunjukkan perkembangan yang berarti. Selain itu, Ahmad juga dinilai memerlukan penanganan medis yang serius.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Gunung Tua, Dokter Julia Erlina Nasution mengatakan, pihaknya bersama BPJS Kesehatan sudah mengambil kebijakan tidak memungut biaya alias menggratiskan pengobatan Ahmad dan akan memberikan pelayanan yang terbaik.

Sementara, Dokter Spesialis Anak, Ari Nasution yang menangani penyakit yang diderita Ahmad di RSUD Gunung Tua saat ditemui di ruangannya, Kamis (13/6/2019) siang mengatakan penyakit yang diderita pasien (Ahmad) adalah meningitis TB dan kekurangan asupan gizi.

“Penyakit yang dialami Ahmad adalah meningitis TB dikarenakan terjadinya infeksi pada paru. Infeksi tersebut naik ke atas dan mengakibatkan peradangan pada tulang belakang menyelimuti otak saraf, sehingga bisa menimbulkan tak sadarkan diri (koma).

Selain meningitis, Ahmad juga menderita gizi buruk. Sehingga, kekebalan tubuh Ahmad sangat lemah dikarenakan kurangnya asupan gizi,” ungkap dokter Ari Nasution.

Untuk tahap penyembuhan, senada dengan Dokter Julia Erlina Nasutian, Dirut RSUD Gunung Tua, dokter Ari juga mengatakan dengan memberikan asupan gizi kepada Ahmad sehingga daya kebal fisiknya makin hari makin membaik.

“Untuk tahapan penyebuhan total harus ada andil dari pihak orang tua dikarenakan butuh proses lama, tidak seperti membalikkan telapak tangan,” tutup Ari. (Febri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *