Sabtu , 20 April 2019
Home » Kepri » Batam » Satgas Pangan: Persediaan Bahan Pangan di Kepri Aman

Satgas Pangan: Persediaan Bahan Pangan di Kepri Aman

Para peserta rapat koordinasi Satgas Pangan Kepri berfoto bersama. Foto: Ist

Tanjungpinang, sidaknews.com – Dalam rangka menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 melaksanakan rapat koordinasi Satgas Pangan Provinsi Kepri, Selasa (11/12) di Rupatama Polda Kepri.

Rapat tersebut dihadiri Dir Reskrimsus Polda Kepri, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kepri, Kepala Bea Dan Cukai Batam, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Dan Kesehatan Hewan Kepri.

Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Kepri, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kepri, Kepala Bulog Divre Kepri, Kepala Badan Karantina Dan Pertanian Kota Batam, Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha Perwakilan daerah Batam.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdaganagan Kab / Kota, Kepala Bulog Sub – Divre Kabupaten / Kota, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Kesehatan Hewan kabupaten / Kota, Badan Pengusahaan Batam, Asosiasi Pengusaha / Pelaku Usaha.

Rapat tersebut bertujuan untuk menjaga ketersediaan dan antisipasi kenaikan harga bahan pangan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah Provinsi Kepri.

Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur menyampaikan beberapa poin dari hasil Rakor Satgas Pangan tersebut yakni:

-Untuk persediaan bahan pangan dan pokok menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 masih mencukupi.

-Di wilayah Kabupaten Natuna, Lingga dan Anambas, untuk harga bahan pokok dan pangan diatas harga pasar dipengaruhi letak geografis dan transportasi pengiriman

-Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 selalu melakukan koordinasi aktif dengan instansi terkait (Disperindag/Bulog/BPPOM/Bea Cukai/ TNI/ Dishub/ Karantina untuk terus memantau ketersediaan bahan pangan dan stabilitas harga pangan.

-Akan dilakukan operasi pasar bila terjadi lonjakan harga dan kelangkaan dengan melibatkan stakeholder terkait.

-Menghimbau kepada distributor agar tidak menimbun barang kebutuhan pokok dan sekiranya dapat menambah pasokan untuk menghindari terjadinya kelangkaan dan pendistribusian bahan pokok.

-Lakukan pengecekan secara berkala bersama dengan instansi terkait.

-Melakukan tindakan penegakkan hukum dan upaya hukum terhadap pada distributor dan oknum yang terlibat dalam sindikat monopoli sembako. (Rindu Sianipar)

Sumber : Humas Polda Kepri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *